Persia Medium, Kucing Ras yang Paling Banyak Peminatnya di Tuban

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Bagi kalian para pecinta hewan, pasti sudah tidak asing lagi dengan hewan satu ini. Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang cukup populer di kalangan masyarakat karena tingkahnya yang menggemaskan. 

Di Indonesia, hewan lucu tersebut memiliki berbagai macam jenis mulai dari kucing lokal hingga kucing ras. Dari jenis tersebut, karakter yang dimiliki oleh masing-masing kucing juga berbeda. Itulah sebabnya, masyarakat cenderung lebih memilah jenis kucing yang akan dipelihara. 

Salah satu kucing yang populer di masyarakat ialah jenis kucing persia medium. Jenis kucing satu ini, dikenal sebagai kucing ras yang banyak digemari masyarakat sebagai hewan peliharaan. Menurut Arbaun, salah satu pemuda yang memiliki bisnis jual beli kucing jika jenis hewan ini banyak diminati karena harganya lebih terjangkau.

“Kalau kalangan biasa atau sekedar pingin pelihara biasanya ya Persia Medium. Kebanyakan jenis ini yang paling ramai, soalnya dari segi nominal paling terjangkau,” ungkapnya kepada blokTuban.com, Jumat (25/3/2022). 

Pada umumnya, kucing jenis Persia Medium identik dengan wajah yang lebih runcing dengan bulu yang lebat serta hidung yang tidak terlalu pesek dan tidak terlalu mancung. Sesuai dengan sebutannya yaitu Persia Medium. 

Dari segi harga, lanjut Arbaun mengikuti kualitas dari kucingnya. Mulai dari kucing yang berbulu pendek, berbulu sedang hingga berbulu yang riwug. Pria yang berasal dari Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban biasa menawarkan harga untuk jenis ini kisaran Rp500 ribu ke atas. 

“Untuk harga sekitar Rp500 ribu, untuk umur sendiri relatif tidak pandang usia semuanya sama. Tinggal peminatnya saja suka yang kecil atau besar,” terangnya. 

Biasanya, pembeli kucing-kucing ras milik Arbaun kebanyakan berasal dari penghobi kucing. Tidak hanya masyarakat dari Kabupaten Tuban saja yang membeli, banyak yang berasal dari luar kota seperti Lamongan dan juga Bojonegoro.  [Sav/Ali]