15:00 . Jokowi Longgarkan Prokes, Penjual Masker di Tuban Masih Bertahan   |   14:00 . Akibat Cuaca Buruk, Harga Ikan di PIT Naik!   |   13:00 . Libur Akhir Pekan, Pengunjung Wisata Pantai Remen Tuban Capai 2.000 Orang   |   12:00 . Terlanjur Nyaman, Sebagian Masyarakat Tuban Enggan Lepas Masker   |   11:00 . Ini Tiga Tokoh Kunci pada Mitos Goa Ngerong   |   10:00 . Pengelola Mangrove Center Tuban Keluhkan Fenomena Banjir Rob   |   09:00 . Warga Prunggahan Kulon Ditemukan Tewas di Bekas Tambang, Ini Kronologinya!   |   08:00 . Orangtua, Ini Tips Mendorong Anak untuk Mau Mengonsumsi Makanan Sehat   |   18:00 . Jatim Series Jember Jadi Evaluasi Rider ISSI Tuban Sebelum Porprov 2022   |   17:00 . Suzuki Baleno Kecelakaan Karambol Libatkan Dua Truk   |   16:00 . Jembatan Glendeng Resmi Ditutup, Pemotor Pilih Jalan Alternatif   |   15:00 . Jokowi Serukan Belanja Produk dan Wisata Dalam Negeri di Peluncuran Gernas BBI   |   14:00 . Hanya 2 Jam, 134 Anak di Tuban Selesai Dikhitan Massal   |   13:00 . PKL Taman Sleko Tuban Diminta Tak Ganggu Pengguna Jalan   |   12:00 . Ketakutan Warga Gesikharjo Sandarkan Kapalnya Dekat Makam Asmoroqondi   |  
Sun, 22 May 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Cicipi Lezatnya Olahan Becek Mentok Pedas Khas Tuban Yang Getarkan Lidah

bloktuban.com | Saturday, 15 January 2022 12:00

Cicipi Lezatnya Olahan Becek Mentok Pedas Khas Tuban Yang Getarkan Lidah DIGEMARI : Becek Mentok dengan Kuah Santan yang Gurih Banyak Digemar.i (foto:savira)

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Becek mentok merupakan salah satu makanan khas Kabupaten Tuban, berbahan dasar daging mentok yang dimasak dengan rempah dan sedikit kuah santan. Sekilas masakan ini memang mirip dengan kare.

Biasanya, potongan daging mentok dimasak terlebih dahulu hingga empuk dan ditambahkan bawang goreng agar semakin menambah rasa gurih pada kuahnya. Daging mentok yang dibalut dengan sensasi rasa pedas tersebut mampu menggetarkan lidah para penikmatnya.

Becek mentok sendiri hadir di Bumi Wali sebutan untuk Kabupaten Tuban, sejak berpuluh-puluh tahun yang lalu. Hingga kini sudah banyak masyarakat yang menjajakan makanan lezat satu ini.

Salah satu pedagang yang turut berjualan becek mentok ialah Mak Ti, warga Desa Bunut, Kecamatan Widang. Ia mengaku sudah berjualan becek mentok sejak 20 tahun yang lalu.

“Sudah lama saya buka warung ini, sudah puluhan tahun kira-kira dua puluh tahunan sudah ada sepertinya,” ujarnya kepada blokTuban.com pada Sabtu (15/1/2022).

Selama ini, sudah banyak masyarakat yang mengenal masakan buatannya tersebut, bahkan ia mengaku pembelinya banyak yang berasal dari luar kota. Selain becek mentok ada banyak menu lain yang juga dijual di warung Mak Ti ini. Seperti rica-rica belut, penyetan ayam, lele, jaer, bebek hingga burung.

“Tapi kalau burung cuma pas ada barangnya saja. Kalau yang paling laris biasanya dua, belut sama becek mentoknya banyak yang pesan itu. Yang beli banyak, ada yang datang dari luar kota seperti Lamongan juga,” terangnya.

Untuk bisa membeli masakan di warung Mak Ti ini, kalian tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Pasalnya seluruh masakan yang dibuatnya tersebut dibandrol dengan harga Rp30 ribu, lengkap dengan nasi dan beberapa potongan ikan.

Perempuan ramah tersebut mengaku jika tidak ada yang istimewa dari warung miliknya, hanya saja berkat ketelatenan dan keuletannya selama ini, sehingga warungnya selalu diserbu para pelanggan terlebih di hari wekeend.

Perlu diketahui, jika warung yang teletak ditepi sawah tersebut buka setiap hari mulai pukul 06.30 WIB hingga pukul 17.00 WIB. [sav/ono]  

 

Tag : kuliner, becek mentok



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more