Rencana Kerja Pengadaan Tanah Waduk Jadi I Mulai Dilelang

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com – Pemerintah Kabupaten Tuban melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) mulai melakukan tender Rencana Kerja Pengadaan Tanah dan Pemukiman Kembali - Land Acquisition and Resettlement Action Plan (LARAP) Waduk Jadi I Kecamatan Semanding.

 

Lelang dilakukan sejak tanggal 15 September 2021 itu menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan dengan nilai paket Rp197.450.000. Pantauan di laman LPSE Tuban ada 22 peserta yang mengikuti tender dan belum ditentukan pemenangnya.

 

“Iya mas sudah mulai dilelang untuk LARAP Waduk Jadi I. Sekarang dalam tahapan pengiriman dokumen kualifikasi,” kata Kepala Dinas PUPR Tuban, Agung Supriyadi kepada blokTuban.com, Senin (17/9/2021).

 

Pada waktu yang hampir bersamaan, Dinas PUPR juga melakukan tender Feasibility Study Waduk Jadi I Kecamatan Semanding. Masih bersumber dari APBD+P, paket tersebut juga bernilai Rp197.477.500.

 

Pada tahun 2020 lalu, Waduk Jadi telah dibahas dalam rapat koordinasi antara Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo Dr.Ir Agus Rudyanto dan Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Hussein. Proyek Waduk tersebut diproyeksikan untuk Antisipasi Banjir Kawasan Jenu dan Tuban Kota.

 

Kepala SNVT PJSA Bengawan Solo, R. Panji Satrio mengatakan pembangunan Waduk Jadi diundur pengerjaannya akibat terkena refocusing Covid-19. Rencananya pembangunan akan dimulai pada 2023 yang diawali dengan pembebasan lahan.

 

“Ditargetkan dapat rampung tahun 2027,” tutupnya. [ali/col]