Baritan, Tradisi Warga Soko Sambut Pergantian Tahun Islam

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Dalam rangka memperingati pergantian tahun Islam yang bertepatan dengan kalender Jawa, masyarakat Desa Mlaten, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban menggelar syukuran atau oleh masyarakat setempat disebut 'Baritan', Senin (9/8/2021).

Syukuran malam 1 Muharram atau 1 Suro tersebut identik dengan jajanan khas yang terdiri dari bermacam-macam jenis. Seperti jajanan pasar, bucu, bubur, umbi-umbian dan nasi gurih.

Tokoh agama setempat, Karsono ketika memimpin syukuran menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan berkah hidup sepanjang tahun mendatang. Terlebih di masa pandemi harapannya masyarakat diberkahi kesehatan, keselamatan dan kelancaran rejeki. 

"Jika penyakit datangnya dari arah barat kembali ke arah barat, dari arah timur kembali ke timur, dari arah selatan kembali ke selatan dan jika dari arah utara kembali ke utara," tuturnya dalam Bahasa Jawa.

Doa selesai dipanjatkan dan diamini segenap warga yang hadir tepat menjelang magrib. Tanpa komando jajanan yang digelar di atas terpal tersebut ludes dikeroyok warga. Sebab, mereka percaya jajanan yang sudah mendapat doa akan menjadi berkah baginya.[hud/col]