Ratusan Warga Gesikharjo Mandi Bersama Saat Lebaran Ketupat

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Pantai Desa Gesikharjo, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban mendadak ramai dipadati warga untuk mandi bersama pada Kamis (20/5/2021) pagi. Warga mulai keluar rumah dan berjalan kaki menuju pantai mulai pukul 07.00 WIB.

Agenda tersebut bersamaan dengan perayaan Lebaran Ketupat atau H+7 setelah Hari Raya Idul Fitri 1442 H. Tradisi unik di desa pesisir Tuban itu, diikuti warga semua usia mulai balita, anak-anak hingga lansia. Mereka kompak menceburkan badan ke laut, atau bermain pasir bagi perempuan yang mungkin sedang berhalangan.

Momen langka setahun sekali itu, juga dimanfaatkan warga yang datang untuk mengabadikan mandi bareng di kawasan pantai Asmoroqondi Desa Gesikharjo.

"Mandi bersama atau dusdusan ini dilakukan warga setahun sekali. Bertepatan dalam perayaan lebaran ketupat," ujar warga asli Gesikharjo, Heni Oktavitasari (29) kepada reporter blokTuban.com.

Heni mengaku telah mengikuti tradisi dusdusan sejak kecil. Berhenti saat ia kuliah dan kerja di Surabaya, dan baru kembali ikut tiga tahun terakhir.

"Warga percaya dengan menceburkan diri ke laut dapat menghilangkan berbagai penyakit di tubuh dan menjauhkan dari balak atau musibah," imbuhnya.

Karmani (52), salah satu warga menjelaskan, sebelum mandi para warga berkumpul dan membawa ketupat di masjid. Setelah sarapan ketupat bersama, tanpa dikomando warga langsung menuju pantai dan menceburkan diri bersama-sama.

Tradisi di Gesikharjo sudah dijalankan masyarakat lokal secara turun temurun. Belum diketahui kapan tradisi itu mulai dijalankan, yang jelas selalu mereka lakukan setiap setahun sekali.

Selain itu, momentum mandi bersama di pantai juga dijadikan penguat silaturahmi antar warga. Tak jarang, orang dari luar Desa Gesiharjo ikut mandi bersama karena punya pertalian keluarga atau ikatan dengan warga setempat.

"Entah kapan mulainya, sejak dulu orang tua mengajak seperti itu dan pasti mengajak seluruh keluarga," sambungnya.

Tradisi 'dusdusan' juga dikenal dengan istilah gopak. Gopak merupakan bahasa lokal warga pesisir Tuban di lima kecamatan di Tuban. Mulai Palang, Tuban, Jenu, Tambakboyo, dan Bancar.

Gopak sekampung hanya bisa ditemukan di Gesikharjo. Rata-rata warga hanya melestarikan dengan niat badannya sehat dan dijauhkan segala macam penyakit.

Keriuhan di pantai itu hari ini juga menarik minat pengguna jalan yang melintas. Kebetulan pantai Desa Gesikharjo berada tepat di pinggir Jalan Deandles, yang menghubungkan antara Kabupaten Tuban dengan Kabupaten Lamongan. [ali/ono]