12:00 . Unik, Tiang Masjid Setinggi 27 Meter Berdiri Tanpa Alat Berat   |   09:00 . Penyekatan Arus Balik Dimulai, Puluhan Kendaraan Diputarbalikkan   |   08:00 . Pesan Hoax Ledakan Corona Menyebar hingga Tingkat RT   |   07:00 . Menjaga Kesehatan di Hari Idul Fitri di Masa Pandemi Covid-19   |   14:00 . Tak Segera Diperbaiki, Jembatan Glendeng Kini Malah Ditutup Total   |   13:00 . Dampak Penyekatan di Tuban, Kasus Harian Corona di Bawah 15   |   12:00 . Walah..!!! Gegara Ini Akses Jembatan Darurat Glendeng Ditutup   |   11:00 . Boleh Silaturahim Tatap Muka, Tapi Tetap Pakai Masker   |   09:00 . Hampir Setahun Diterlantarkan, Kini Jembatan Glendeng Jadi Biang Kemacetan   |   07:00 . Kenalkan Pola Makan Sehat Pada Anak, Apa yang Perlu Diperhatikan?   |   17:00 . Kemenkumham Beri Remisi Khusus 168 Napi di Tuban   |   16:00 . Lebaran, Kawasan Obvitnas di Tuban Dijaga Ketat   |   15:00 . Masa Pandemi, 935 Warga Tuban Daftar Haji   |   13:00 . Jika Pembelajaran Tatap Muka Diberlakukan, Perpusda Harap Bisa Layani Baca Buku di Tempat   |   11:00 . Tunggu Keputusan Pusat, 1.296 Calon Haji Tuban Siap Berangkat Tahun Ini   |  
Sat, 15 May 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Kuliner Unik Pemuda Tuban, Jualan Es Kopi Pakai Vespa Bergaya Retro

bloktuban.com | Thursday, 01 April 2021 14:00

Kuliner Unik Pemuda Tuban, Jualan Es Kopi Pakai Vespa Bergaya Retro

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Berjalan-jalan di Kabupaten Tuban anda akan bertemu dengan pedagang kopi keliling. Dengan sepeda vespa bergaya retro, pedagang ini biasa disebut starling singkatan dari starbucks keliling.

Bisnis kuliner yang digagas oleh mahasiswa Universitas Sunan Bonang (Unang) Tuban, bernama Muhammad Rifa'i (22) baru sebulan berjalan. Pemuda asal Dusun Sidorejo, Desa Ngimbang, Kecamatan Palang mengkonsep jualannya bergaya milenial.

Tak seperti starling sepeda di Kota lain yang hanya menjual minuman sachetan, starling Vespa di Tuban ini lebih menyajikan minuman kopi yang kekinian.

Menu yang ditawarkan adalah es kopi Robusta Coffe dengan berbagai rasa seperti, V60 visikti, vietnam drip, dampit, lanang, semeru, giras, dan hitam. Ada juga milk shake rasa coklat, taro, kopi susu, hingga susu guren.

Jenis minuman kekinian tersebut harganya sangat terjangkau, mulai dari Rp5.000 hingga Rp8.000 per cup. Selain minuman, Rifa'i juga menjual gemblong atau getuk menyok khas Tuban dengan harga Rp5.000 per porsi.

"Meskipun bisa berkeliling, saya saat ini standby di Alun-alun bagian barat atau di sekitar Masjid Agung Tuban mulai pukul 16.00-21.00 Wib. Alasannya untuk mudah menjangkau pelanggan baik dari pecinta vespa hingga kopi," ujar Rifa'i kepada reporter blokTuban.com, Kamis (1/4/2021) siang.

Rifa'i juga menceritakan memulai bisnisnya butuh waktu tiga bulan dan ia belajar dari Youtube. Selain itu, ia aktif berkomunikasi dengan para barista dari Makassar, Malang, hingga Kendal. Untuk bisnis kopi jalanan, ia mengaku terispirasi dari daerah Kendal.

Untuk modal, ia telah menabung selama lima bulan lebih. Setiap dapat uang kemudian dibelikan alat seperti teko leher angsa, vietnam drip, V60 Vicixti, grinder atau penggiling kopi, alat timbang. Jika dihitung harga alat dan box vespa kurang lebih Rp5 juta.

Sebagai Starling vespa pemula di Tuban, Rifai menamai kopi kelilingnya seduh jalanan manual brew. Ia bersyukur banyak menerima masukan dari pelanggannya, seperti menambah menu kopi dan es.

"Strategi marketing yang saya pakai dari teman ke teman untuk membuat story di media sosialnya. Dari situ banyak pelanggan yang datang mulai dari mantan barista Tuban, klub vespa, hingga aktifis mahasiswa. Omset bersih rata-rata 50 ribu hingga 80 ribu per malam," pungkasnya. [ali/mu]

Tag : bisnis, usaha, ide usaha, wirausaha

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Monday, 05 April 2021 13:00

    Mahasiswa Unirow Tuban Belajar di Kantor blokTuban.com

    Mahasiswa Unirow Tuban Belajar di Kantor blokTuban.com Sekitar 25 mahasiswa-mahasiswi dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban berkunjung di kantor redaksi blokTuban.com Jalan Sunan Muria No. 28 Kelurahan Latsari,...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more