Jadi BUMN dengan Setoran Dividen Terbesar ke Negara, BRI Raih Dua Penghargaan Dalam Ajang The Asian Post Awards 2024

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) kembali menunjukkan kiprahnya dalam dunia perbankan dengan meraih dua penghargaan bergengsi di ajang The Asian Post Awards 2024. Penghargaan tersebut diberikan dalam acara yang berlangsung di Shangri-La Hotel, Jakarta, pada 3 Oktober 2024. BRI dinobatkan sebagai "The Top Dividend Contributor State-Owned Enterprise 2024" dan "Platinum Champion State-Owned Enterprise."

Penghargaan "The Top Dividend Contributor State-Owned Enterprise 2024" diberikan kepada BRI berkat kontribusinya yang konsisten sebagai penyumbang dividen terbesar di antara Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Hal ini mencerminkan komitmen BRI dalam memberikan nilai tambah kepada negara melalui optimalisasi kinerja yang berkelanjutan. 

Pada tahun 2023, BRI berhasil mencatatkan laba bersih sebesar Rp60,4 triliun. Dari jumlah tersebut, 80% atau sekitar Rp43,49 triliun dibagikan sebagai dividen kepada para pemegang saham, baik pemerintah maupun publik, menjadikan BRI sebagai BUMN dengan setoran dividen terbesar pada tahun 2024, dengan kontribusi sebesar Rp25,7 triliun kepada negara.

Selain itu, penghargaan "Platinum Champion State-Owned Enterprise" diraih BRI atas pencapaian performa keuangan terbaik selama 14 tahun berturut-turut, sejak 2010 hingga 2023. Pengakuan ini semakin menegaskan posisi BRI sebagai bank BUMN yang solid dan inovatif, serta mampu menghadapi berbagai tantangan ekonomi global.

Kinerja BRI pada tahun 2023 mencatatkan pertumbuhan yang positif dan berkelanjutan. Secara konsolidasian, aset perseroan tumbuh 5,3% dibandingkan tahun sebelumnya, mencapai Rp1.965,0 triliun. Selain itu, BRI juga membukukan laba sebesar Rp60,4 triliun, atau meningkat 17,5% secara tahunan. 

Di sisi penyaluran kredit, hingga akhir Desember 2023, BRI mencatatkan pertumbuhan 11,2% year on year, mencapai Rp1.266,4 triliun, yang lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan kredit industri perbankan nasional sebesar 10,4% pada periode yang sama.

Direktur Utama BRI, Sunarso, dalam kesempatan terpisah menyatakan bahwa sebagai perusahaan BUMN, BRI berperan sebagai agen pencipta nilai dan agen pembangunan. “Untuk dapat menjalankan fungsi tersebut secara simultan, BRI harus mencetak keuntungan. Dengan memperoleh keuntungan atau economic value, perusahaan BUMN dapat menciptakan social value, sehingga ekonomi akan berputar,” ungkap Sunarso.

Pencapaian ini semakin memperkuat posisi BRI sebagai bank terkemuka di Indonesia, yang tidak hanya berfokus pada keuntungan, tetapi juga memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan ekonomi nasional.[*]

*: Artikel ini merupakan infotorial Bank BRI di media blokTuban.com.