Ahmad Salim Assegaf Pimpin HIPMI Jatim 2024-2027, Siap Jadikan Jawa Timur Lokomotif Ekonomi Nasional

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Ahmad Salim Assegaf kini resmi menakhodai Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jawa Timur. Terpilih secara aklamasi dalam Musyawarah Daerah ke XV HIPMI Jatim 2024 di Surabaya, Kamis (26/9/2024).

Salim bertekad menjadikan Jawa Timur sebagai motor penggerak utama pembangunan ekonomi nasional. Dengan menggenggam estafet kepemimpinan dari Rois Sunandar Maming, Salim menyampaikan visinya yang penuh optimisme untuk membawa HIPMI Jatim ke level yang lebih tinggi.

Kondisi yang disampaiakan tentu sejalan dengan pesatnya arus investasi yang mengalir ke provinsi ini. 

Dalam pidato kemenangannya, mantan Waketum BPD HIPMI Jatim itu menyampaikan tekadnya untuk melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan dari Ketua Umum sebelumnya, Rois Sunandar Maming. Ia juga berjanji akan menjaga amanah yang diberikan dan melayani seluruh anggota HIPMI di Jawa Timur.

"Terima kasih juga untuk Ketum Rois. Tiga tahun ini saya belajar banyak kepada Ketum Rois dan saya janji akan melanjutkan perjuangan Ketum Rois serta menjadi pelayan semuanya. Saya akan komitmen menjaga amanah ini. Ketum ini adalah amanah bagi saya, akan kami jaga dan kami siap melayani teman-teman semua, baik di tingkat BPD HIPMI Jatim maupun BPC HIPMI Jatim," tegas Ahmad Salim Assegaf.

Jatim sebagai Jujugan Investor

Dalam pembukaan Musda XV HIPMI Jatim, Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) HIPMI, Akbar Buchari, menyoroti pentingnya peran Jawa Timur sebagai salah satu provinsi yang menjadi tujuan utama investor nasional dan internasional. Ia mencontohkan investasi besar PT Freeport Indonesia di Gresik yang mencapai US$3,8 juta sebagai salah satu langkah strategis untuk mendorong perekonomian di Jawa Timur.

"Kita berharap dengan adanya investasi ini menjadi stimulus bagi teman-teman daerah untuk bisa mengembangkan bisnisnya. US$3,8 juta ini harus berdampak positif pada berkembangnya UMKM di Provinsi Jatim," ujar Akbar.

Ia juga menekankan pentingnya infrastruktur HIPMI dan kemampuan para anggotanya untuk memanfaatkan momentum investasi ini sebagai peluang.

"Musda dengan tema transformasi digital menjadi penting untuk kita implementasikan ke depan, agar kita bisa berkontribusi dalam pembangunan ekonomi nasional dan daerah," tambahnya.

BPC HIPMI Tuban Siap Sinergi

Dalam konteks dukungan di tingkat daerah, Ketua Umum BPC HIPMI Tuban, Mohammad Adam Machlouv, menyatakan kesiapannya untuk mengawal program-program yang dicanangkan HIPMI Jawa Timur di bawah kepemimpinan Ahmad Salim Assegaf. Adam menekankan bahwa BPC HIPMI Tuban akan bersinergi dan mendukung penuh berbagai inisiatif guna meningkatkan perekonomian daerah.

"Kami di BPC HIPMI Tuban siap bersinergi dengan BPD HIPMI Jatim di bawah kepemimpinan Ahmad Salim Assegaf. Dengan semangat yang baru, kami percaya bahwa Jawa Timur siap beraksi dalam menghadapi tantangan ekonomi ke depan," tegas Adam Machlouv.

Dengan kolaborasi yang solid antara BPD HIPMI Jatim dan BPC HIPMI di seluruh daerah, diharapkan kontribusi pengusaha muda dalam mendorong pembangunan ekonomi lokal maupun nasional akan semakin meningkat.