Berprestasi Membanggakan, Mas Lindra Tingkatkan Alokasi Hibah untuk Pramuka Tuban

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com – Pemkab Tuban akan meningkatkan alokasi anggaran hibah untuk Pramuka pada APBD tahun 2025. Hal tersebut disampaikan Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, SE., usai bertindak sebagai Inspektur Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-63 di GOR Rangga Jaya Anoraga, Selasa (14/08/2024).

Mas Lindra mengungkapkan penambahan alokasi tersebut sebagai bentuk apresiasi Pemkab Tuban terhadap Pramuka Kwatir Cabang Tuban.

Anggota Pramuka Tuban menunjukkan semangat dan kontribusi nyata terhadap pembangunan di Kabupaten Tuban. 

Pramuka Tuban mampu menorehkan prestasi membanggakan dan mengharumkan nama Kabupaten Tuban.

“Salah satunya, keberhasilan penyelenggaraan Jambore ke-11 Provinsi Jawa Timur di Bumi Perkemahan Ngawun Abilowo, Kecamatan Parengan beberapa waktu lalu,” ungkapnya.

Mas Lindra menyatakan pola pendidikan yang diterapkan pada Gerakan Pramuka sangat lengkap. 

Anggota Pramuka mendapat pendidikan mencakup aspek bela negara, kesehatan, lingkungan hidup, pendidikan, sosial, budaya, teknologi informasi, religius, hingga pengembangan soft skill dan leadership.

Mas Lindra mengajak Pramuka Tuban untuk terus mengoptimalkan potensi diri dan organisasi. Mulai dari jenjang siaga, penggalang, dan penegak.

Pemkab Tuban berkolaborasi dengan Pramuka akan menyediakan beasiswa pendidikan bagi anggota Pramuka aktif berprestasi maupun mereka yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Bupati Tuban mendorong Kwarcab Tuban agar mampu menyelenggarakan kegiatan kepramukaan lebih intens. Hal tersebut sebagai bentuk jawaban atas kepercayaan masyarakat terhadap Gerakan Pramuka yang mampu melahirkan kader-kader pembangunan.

“Karena Pramuka menjadi wadah pengkaderan bagi calon pemimpin di masa mendatang,” tuturnya.

Sementara itu Ketua Kwarcab Tuban, Kapten Inf (purn) Kacuk Karsono menyampaikan terima kasih atas dukungan Pemkab Tuban terhadap kegiatan kepanduan di Kabupaten Tuban. Menjawab kepercayaan yang diberikan, Kwarcab Tuban akan terus mengembangkan kemampuan anggotanya pada berbagai kegiatan.

“Ini menjadi pelecut bagi Kwarcab Tuban dan ranting-ranting untuk berkontribusi dengan lebih maksimal,” ujarnya.

Kacuk Karsono menjelaskan pihaknya terus mendorong anggota Pramuka terus berkontribusi memberikan karya terbaik dan menorehkan prestasi setinggi-tingginya.

Hingga pertengahan Agustus 2024, sebanyak 1.050 anggota telah termasuk kategori Pramuka Garuda pada berbagai jenjang. 

“Pramuka Garuda adalah tingkatan tertinggi dalam setiap golongan Pramuka mulai dari Siaga, Penggalang, Penegak, Pandega,” tandasnya. (*)