TLRHP Kabupaten Tuban Capai 96,14%, Opini WTP Diraih 9 Kali Berturut-turut

Reporter : Dwi Rahayu 

blokTuban.com - Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, SE., dan Ketua DPRD Tuban, H.M. Miyadi, S.Ag, MM, menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2023 dari Kepala Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Provinsi Jawa Timur, Karyadi, di Kantor BPK Perwakilan Provinsi Jatim pada Kamis (02/05/2024).

Laporan hasil pemeriksaan memperoleh Predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), menandakan bahwa Pemkab Tuban telah memperoleh Opini WTP selama sembilan kali berturut-turut. 

TLRHP Kabupaten Tuban telah diselesaikan sebanyak 96,14% hingga semester II tahun 2023.

Karyadi, Kepala Perwakilan BPK RI Jatim, mengungkapkan bahwa kepala daerah berkewajiban menyampaikan LKPD untuk diperiksa BPK, yang bertujuan untuk memberikan opini tentang kewajaran penyajian laporan keuangan oleh pemerintah daerah.

"Meskipun Opini WTP diberikan oleh BPK, hal tersebut hanya merupakan penyataan profesional pemeriksa mengenai kewajaran penyajian laporan keuangan, bukan jaminan bahwa laporan tersebut bebas dari fraud atau tindakan kecurangan lainnya," ujarnya. 

Karyadi juga mengharapkan agar LKPD yang telah diperiksa oleh BPK (LKPD Audited) dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan oleh pemerintah daerah dan DPRD terutama dalam penganggaran keuangan daerah.

Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, mengucapkan terima kasih atas laporan hasil pemeriksaan LKPD Kabupaten Tuban tahun 2023. 

"Opini WTP yang telah diraih sebanyak sembilan kali menunjukkan komitmen pemerintah dalam menjalankan tata kelola pemerintahan sesuai dengan regulasi dan undang-undang, serta kerja sama yang baik antara Pemkab Tuban dan DPRD Kabupaten Tuban," Tuturnya. 

Mas Lindra, sapaan akrab Bupati Tuban, juga menyatakan komitmen Pemkab Tuban untuk terus menindaklanjuti rekomendasi hasil pemeriksaan dari BPK, serta menggunakan LKPD Audited sebagai bahan pertimbangan penyusunan program pembangunan Kabupaten Tuban.

Sebelum LHP atas LKPD diserahkan, BPK Jatim mengadakan acara pembukaan Plaza BPK Jatim yang diresmikan oleh Anggota V BPK RI, Dr. Ir. H. Ahmadi Noor Supit.

Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Daerah dan Pimpinan DPRD di wilayah Jawa Timur, serta perwakilan Kabupaten Tuban yang memperkenalkan olahan makanan dan minuman unggulan mereka. [Dwi/Ali]