Local Media Summit 2024 Siap Digelar di Jakarta, Fokus pada Transformasi Teknologi

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Local Media Summit (LMS) 2024 kembali digelar dan siap menyambut para pengelola media lokal dari seluruh Indonesia. Acara tahunan yang diinisiasi oleh Suara.com bersama International Media Support (IMS) ini memasuki edisi ketiganya, dan akan dilaksanakan secara eksklusif di The Sultan Hotel & Residence, Jakarta, pada 2-3 Oktober 2024 mendatang.

Dengan mengusung tema "Technological Transformation in Local Media: Serving The Audience Tomorrow", LMS 2024 menekankan pentingnya transformasi teknologi bagi media lokal dalam melayani audiens. Upaya ini diharapkan menjadi landasan kuat bagi pengembangan konten dan model bisnis media ke depan.

CEO PT Arkadia Digital Media Tbk sekaligus Pemimpin Redaksi Suara.com, Suwarjono, menyatakan bahwa pemahaman mendalam tentang audiens menjadi kunci sukses media lokal dalam menghadapi tantangan masa depan.

"Jika audiensnya jelas dan dipahami, media akan lebih mudah mengembangkan konten yang sesuai dengan karakter mereka. Pada akhirnya, ini akan menjadi unique selling point yang dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis media," ujar Suwarjono, Rabu (25/9/2024).

Selain itu, ia juga menekankan bahwa sumber pendapatan media saat ini tidak hanya bergantung pada iklan, tetapi membutuhkan inovasi yang kreatif dan beragam untuk bisa terus bertahan dan berkembang.

Kompetisi Inovasi untuk Media Lokal

Program Manager IMS Indonesia, Eva Danayanti, turut menyampaikan bahwa LMS 2024 membuka kesempatan bagi media lokal untuk berinovasi dengan memanfaatkan teknologi. Salah satunya adalah melalui kompetisi inovasi yang akan memberikan peluang bagi media lokal untuk mempresentasikan ide-ide kreatif mereka di hadapan audiens.

"Pemenang kompetisi ini akan mendapatkan dukungan dana serta pendampingan untuk mengimplementasikan idenya," jelas Eva.

Selain kompetisi, LMS 2024 juga akan diisi dengan sesi coaching yang dirancang untuk membantu pengelola media lokal dalam memanfaatkan teknologi seperti kecerdasan buatan (AI), merencanakan strategi bisnis, hingga menggelar acara yang dapat mendatangkan pendapatan.

Acara ini rencananya akan dibuka oleh Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo), Nezar Patria; Ketua Dewan Pers, Ninik Rahayu; Head of Cooperation EU Delegation to Indonesia & Brunei Darussalam, Thibaut Portevin; CEO Suara.com, Suwarjono; dan IMS Programme Country Manager Indonesia, Eva Danayanti. Beberapa tokoh terkemuka seperti IMS Asia Business Advisor, Danny Yong; Ketua Umum P3I, Janoe Arijanto; serta perwakilan dari Pinterest, Widhi Asmoro, juga akan hadir sebagai pembicara.

Rangkaian Kegiatan LMS

LMS pertama kali digelar pada akhir Oktober 2022 di Gedung Perpustakaan Nasional, Jakarta, dan dihadiri oleh hampir 300 perwakilan media lokal dari seluruh Indonesia. Tahun lalu, LMS 2023 diadakan pada 11-12 Oktober 2023 di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat.

Selain pertemuan puncak, LMS juga mengadakan beberapa rangkaian acara pra-event di berbagai daerah. Pada Mei 2024, Sumatera Media Summit (SMS) berlangsung di Palembang, dan pada Juli 2024, Suara.com bekerja sama dengan Beritajatim menggelar Jatim Media Summit (JMS) di Surabaya.

Bagi yang tertarik untuk mengikuti LMS 2024, registrasi telah dibuka sejak 2 September 2024. Calon peserta dapat mendaftarkan diri melalui laman resmi https://localmediacommunity.com/id/member/register.