Wabup Pastikan Beri Perhatian Korban Gempa Bumi Palu Asal Tuban

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Wakil Bupati (Wabup) Tuban, H.Noor Nahar Hussein akan memberikan perhatian kepada ratusan korban bencana Gempa Bumi dan Tsunami di Palu, Sulawesi Tengah asal Kabupaten Tuban yang telah pulang ke kampung halaman.

Hal itu akan dirapatkan dan dikoordinasikan terlebih dahulu. Karena dari segi kependudukan dan administrasi harus disamakan apakah masih berpenduduk di Kabupaten Tuban atau sudah menjadi penduduk Palu, karena hak dan kewajiban mereka berdasarkan KTP.

"Sementara, ini adalah kemanusiaan ya harus kita tolong dan kita perhatikan karena ini terkait dengan kemanusiaan terlebih sama-sama WNI. Karena untuk warga asing yang kena bencana saja kita tetap bantu," terang Wabup dua periode ini.

Lebih lanjut, Wabup kelahiran Rengel ini menambahkan, bila mereka menuntut haknya seperti warga di Kabupaten Tuban maka harus dilihat prosesnya. Selain itu dilihat juga nanti setelah Palu ini normal mereka kembali ke Palu atau tidak.

"Nanti kita koordinasikan dengan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat," imbuh Wabup.

Berdasarkan data yang dihimpun blokTuban.com dari Taruna Siaga Bencana (Tagana), korban bencana gempa bumi dan stunami di Palu yang berasal dari Kabupaten Tuban sebanyak 181 jiwa dan kemungkinan masih akan bertambah. [hud/col]