Jamin Kesehatan Warga Miskin, Pemkab Tuban Terbitkan 9.572 KISDA

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Pemerintah Daerah (Pemda) wajib menunjang program kesehatan bagi masyarakatnya yang miskin. Salah satunya melalui program Kartu Indonesia Sehat Daerah atau KISDA bagi yang belum tercover KIS dari pemerintah pusat.

Menindaklanjuti perkara itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban mengklaim telah mengeluarkan KISDA untuk warganya sebanyak 9.572 jiwa. Bahkan diprediksi angka tersebut akan terus meningkat setiap bulannya hingga akhir tahun 2018.

“Jaminan kesehatan adalah wujud tanggung jawab pemerintah dalam memenuhi salah satu hak masyarakat miskin,” terang Plt. Kepala Dinas Kesehatan (DINKES) Tuban, Endah Nurul K. kepada blokTuban.com.

Kendati sudah ada jaminan, pihak Dinkes tetap menghimbau kepada masyarakat agar menjaga diri supaya tidak sakit. Yakni dengan tindakan preventif yang sesuai kemampuan.

“Walaupun sudah ada jaminan untuk pelayanan kesehatan, harapannya masyarakat tetap menjaga kesehatan dengan selalu makan buah dan sayur setiap hari, beraktivitas fisik (olahraga) dan cek kesehatan secara rutin,” pinta Dinkes dengan menyesuaikan kemampuan masyarakatnya.

Informasi lain yang berhasil dikumpulkan wartawan media ini, selama ini pemerintah juga telah menggelontorkan bantuan upaya penanganan gizi buruk untuk 695 orang. Selain itu juga ada penanganan 485 ibu hamil kekurangan energy kronis (KEK). [rof/rom]