Panen Buah, Pedagang Dadakan Menjamur di Jalanan Klotok

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com -‎ Hasil panen olah tanam buah-buahan yang ada di kawasan Kecamatan Plumpang saat ini sedang besar-besarnya. Buah jenis melon, semangka, dan blewah melimpah hasil panen para petani.
Selain aktivitas jual beli antara petani dan pemborong, pedagang buah dadakan juga berjajar sepanjang Jalan Raya Desa Klotok, Kecamatan Plumpang‎ hingga ke timur menuju desa lain.

Para pedagang ‎buah-buahan dadakan itu mengaku sering berjualan di tepi jalan. Tak hanya bulan Puasa seperti ini, tapi juga hari biasa saat panen buah tiba.
"Kalau daerah sini sudah panen sejak beberapa waktu lalu. Ini buah-buahnya juga sudah lumayan sulit, karena gak ada panen lagi," terang salah satu penjual, Umi (30) kepada blokTuban.com, Senin (21/5/2018).

Menurutnya, hal tersebut disebabkan petani setempat bisa dibilang mencuri start tanam dari wilayah-wilayah desa lain. Maka dari itu, harga buah juga mengalami kenaikan.
"Selain dijual ke pemborong, kita juga jual sendiri seperti ini. ‎Banyak juga pengunjung yang mau beli," sambungnya.

Pedagang lainnya, Suponi (45) menambahkan‎ buah-buah di wilayah desanya memiliki ukuran dan kualitas rasa yang manis. Tak heran jika banyak pengguna jalan yang singgah sejenak, membeli untuk dijadikan pelengkap berbuka puasa maupun oleh-oleh buat keluarga.

"Pembelinya kebanyakan orang-orang yang lewat. Tadi ini juga ada pembeli dari Lamongan dan Jombang mampir," terang Poni. [feb/col]