Peringati Hari Kartini, Sarinah Bagi-bagi Bunga

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Banyak cara yang bisa dilakukan masyarakat Indonesia dalam memperingati hari kartini. Satu di antaranya, seperti yang dilakukan oleh belasan anggota Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Tuban, yang menggelar refleksi aksi damai peringatan hari Kartini dengan pembacaan puisi dan bagi-bagi bunga, Sabtu (21/4/2018).

Acara yang di gelar di Bundaran tugu PKK ini dimulai pukul 09.00 WIB, yang diikuti puluhan anggota Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia cabang Tuban. Dalam aksi damai tersebut selain orasi serta pembacaan puisi, mereka juga membagikan bunga kepada pengguna jalan yang melintas di sekitaran jalan Pahlawan. Uniknya lagi mereka Para Sarinah (sebutan perempuan di GMNI) juga bergiliran berorasi dengan berpakaian kebaya sehingga tampak anggun.

"Momentum tanggal 21 April ini merupakan momentum penting untuk diperingati. Sebab hari ini adalah hari lahirnya sosok seorang tokoh pejuang perempuan, yaitu lahirnya Ibu kita Kartini yang penuh dengan sejarah," jelas Siti Nurun Nisail Muhibbah selaku koordinasi lapangan.

Melalui aksi ini, para anggota GMNI berharap agar perempuan khususnya, bisa meningkatkan kualitasnya. Sehingga mereka mampu berperan dalam meningkatkan sumber daya manusia di era modernisasi ini, agar berdaya dalam berbagai hal serta memberikan kontribusinya untuk masyarakat.

"Peringatan hari Kartini ini sebagai wujud kepedulian kepada sosok kaum perempuan yang telah memperjuangkan hak pendidikan. Khususnya bagi kaum perempuan agar terwujudnya pendidikan yang memerdekakan," imbuhnya di sela-sela kegiatan.

Sementara itu Saiful Anwar, selaku Ketua Dewan Pimpinan Cabang GMNI Tuban mengatakan, aksi bagi-bagi bunga ini untuk mengingatkan kembali masyarakat terhadap perjuangan kartini. Raden Ajeng Kartini telah memperjuangkan hak persamaan jender. Selain itu bunga dipilih sebagai simbol perdamaian yang juga menjadi harapan semua orang.

"Bunga sebagai ungkapan suka cita, ada pahlawan wanita di Indonesia seperti Kartini dan berharap para penggunna jalan yang mendapat bunga khususnya kaum Perempuan meniru semangatnya", pungkasnya menandaskan. [rof/rom]