Ada Latihan Praktek SIM di Polsek Bangilan

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Pembuatan Surat Ijin Mengemudi (SIM) yang mudah dan cepat harapan semua orang. Untuk mewujudkan hal itu, Polres Tuban menyediakan pelatihan pembuatan SIM di Polsek-polsek. Salah satunya di Mapolsek Bangilan.

Wakapolsek Bangilan IPTU Suharto saat ditemui blokTuban.com mengatakan, terobosan ini dilatarbelakangi oleh jarak Polres Tuban dengan wilayah Bangilan yang lebih dari 50 kilometer (KM). Selain itu, juga tingginya keluhan masyarakat yang sering gagal mengurus SIM di Polres, sedangkan itu sangatlah penting.

Inovasi ini dilakukan untuk memberikan kemudahan masyarakat dalam mengakses lokasi dan menurunkan waktu proses pembuatan SIM. Selain itu untuk menghilangkan ketergantungan praktek percaloan pembuatan SIM.

"Program inovasi 'SIM BHABINKAMTIBMAS' ini diharapkan bisa menjadi solusi kesulitan pembuatan SIM bagi masyarakat," ujar Suharto, Selasa (23/1/2018).

Bagi masyaramat yang ingin mengikuti latihan, lanjut Suharto, pembuat SIM bisa datang langsung ke Polsek. Mereka akan didampingi sampai menguasai praktek lapangan.

Ketika dirasa sudah menguasai, pembuat SIM akan diberi surat rekomendasi untuk mengurus SIM di Polres Tuban. Kata dia, kesempatan latihan bisa sampai tujuh kali pertemuan.

"Jika sudah mahir kita beri rekomendasi untuk mengurus SIM di Polres," ulas perwira polri dengan pangkat dua balok di pundaknya itu.

Data yang berhasil dihimpun blokTuban.com menyebutkan, latihan yang bisa diikuti masyarakata antara lain, tes roda dua di lintasan angka 8 (putar 3 kali), lintasan leter U (kecepatan tinggi lalu pengeriman) dan lintasan zig zag. [rof/ito]