Buah dan Sayuran Tumbuh Subur di Perbatasan Tuban-Rembang

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Lahan petani di daerah perbatasan Tuban - Rembang, Jawa Tengah dinilai cukup subur. Tak ayal, petani yang terhimpun kelompok tani 'Marsudi Tani' di Dusun Sumbermulyo, Desa Kebonharjo, Kecamatan Jatirogo fokus mengembangkan buah di pekarangan rumah maupun ladang anggotanya.

Ketua kelompok tani Marsudi Tani, Kasmuji mengatakan, kondisi tanah di daerahnya berpotensi untuk pengembangan tanaman buah dan sayuran. Sebab dari pengalaman yang ada, saat ini ada beberapa populasi buah dan sayuran yang tumbuh subur dan dapat dinikmati hasilnya.

"Kebetulan beberapa buah yang biasa hidup di dataran tinggi, di dusun kami bisa tumbuh dan berbuah," kata Kasmuji saat ditemui blokTuban.com di pekarangan rumahnya, Minggu (21/1/2018).

Beberapa tanaman buah dan sayur yang disebutkan, di antaranya buah rambutan atau binjai, durian, kelengkeng, belimbing madu, pepaya, dan pete. Dengan memanfaatkan ladang dan juga pekarangan, petani mulai menekuni tanam tanaman menyehatkan itu.

"Bahkan, saat ini akan kita tambah jambu kristal, matoa, dan nangka," imbuh pria yang lahir 60 tahun silam itu. [rof/col]