Asper BKPH Ngulanan Baru, Dapat Kunjungan dari PHBM

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Awal tahun 2018, Perum Perhutani Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Jatirogo melakukan sejumlah rotasi jabatan. Salah satunnya rotasi jabatan baru tersebut dilakukan kepada Asisten Perhutani (Asper) Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Ngulahan, KPH Jatirogo yang sebelumnya dijabat oleh Didik Burhanuddin digantikan oleh Sukamto.

Untuk membangun sinergitas di awal tugasnya Sukamto, mantan Asper BKPH Bate tersebut mendapatkan kunjungan hangat dari sejumlah masyarakat yang tergabung dalam Pengolahan Sumberdaya Hutan Bersama Masyarakat (PHBM) dan pejabat setingkat camat yang menjadi mitra perhutani dalam menjaga kawasan hutan.

Pria asal Jatirogo itu mengatakan, dalam menjaga kawasan pelestarian dan normalisasi hutan di Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH), perhutani mengajak sejumlah PHBM setempat untuk saling mendukung.

"Kita harus sadari hutan milik kita bersama yang harus dijaga kelestariannya," ujar Sukamto, Sabtu (20/1/2018).

Ia menambahkan, dalam pengamanan kawasan perhutanan mulai pengawasan tanaman serta pemeliharaan, hingga keamanan kehutanan tentunya juga harus menjaga aspek komunikasi sosial dengan menggandeng PHBM.

"Sehingga dari kedekatan diri bersama PHBM itulah yang menjadikan keamanan hutan untuk mampu dikembangkan," tambahnya.

Diketahui, di BKPH Ngulahan KPH Jatirogo, petugas perhutani menjaga dan melestarikan kawasan hutan dengan luas area hutan 2.960ribu hektare area (Ha) di 3 lokasi teritorial wilayah RPH meliputi Gandu, Ngelo, Dikir.[hud/ito]