Pawai Budaya, Meriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke-72 di Desa Pakel

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), Pemerintah Desa (Pemdes) Pakel, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban menggelar kegiatan Pawai Budaya.

Pawai budaya yang diikuti oleh ribuan masyarakat dari 26 Rukun Tetangga (RT) di Desa Pakel tersebut, turut diikuti oleh jajaran Perangkat Desa Pakel, Karang Taruna, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) serta Masyarakat Umum dari berbagai usia.

Menurut salah satu Panitia Penyelenggara, Nur Dian, meski pawai budaya ini baru pertama kali diselenggarakan di tingkat desa. Namun masyarakat Desa Pakel sangat antusias.

"Antusiasme warga luar biasa, hampir semua lapisan masyarakat terlibat dalam pawai budaya ini," ujar Nur Dian kepada blokTuban.com, Minggu (1/10/2017).

Ia menambahkan, dalam pawai budaya ini masyarakat juga menampilkan berbagai kebudayaan nusantara lengkap dengan tarian-tariannya. "Ini menunjukkan kalau masyarakat Desa Pakel sangat kompak," tuturnya.

Sementara itu, salah satu peserta pawai, senang dengan adanya pawai budaya ini, ia berharap kegiatan seperti ini diselenggarakan setiap tahun dan lebih meriah lagi. "Senang bisa berpartisipasi, semoga kedepan ada kegiatan pawai lagi dan lebih meriah," ungkap Dodo.

Diketahui, sebelum diselenggarakan pawai budaya ini Pemdes Pakel telah menyelenggarakan berbagai macam perlombaan yang diikuti oleh masyarakat setempat di Lapangan Desa Pakel.[hud/ito]