Minim Air, Bendungan Ngampon Kering

Kontributor: M. Anang Febri

blokTuban.com- Meskipun hujan telah turun beberapa hari d iberbagai desa yang ada di Kecamatan Soko, Bendung Ngampon tetap saja belum terisi air untuk ditampungnya.

Bendungan yang berada di Dusun Ngampon, Desa Jati, Kecamatan Soko tersebut ternyata jarang diendapi air sesuai fungsinya, yang mana sebagai pembendung air hujan untuk kemudian dialirkan ke sawah-sawah milik petani sekitar.

"Memang bendungan itu jarang terisi air. Kalaupun terisi, ya pas musim penghujan saja," papar Shodikin, salah seorang petani tembakau blokTuban.com, Sabtu (30/9/2017).

Dia menambahkan, bendungan yang dibuat pada tahun 1993 tersebut banyak diharapkan petani yang  berada di sekitarnya. Air yang dapat ditampung akan lebih membantu petani dalam penggarapan sawahnya.

"Padahal, jika air bendungan lancar bisa sangat membantu penduduk sekitar yang rata-ratanya bercocok tani," pungkas lelaki asal Desa Tluwe tersebut.

Terlepas dari itu, kebutuhan air petani di Desa Jati dan Desa Tluwe hanya memanfaatkan curah hujan yang ada, dan membeli air olah PDAM untuk merawat tanaman di sawah mereka. [feb/ito]