PBGT, Wahana Pengembangan Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Pusat Belajar Guru Tuban (PBGT), merupakan institusi akademik yang didirikan untuk memberikan dukungan dan bantuan kepada guru, dalam meningkatkan kemampuan mengajar dan mengembangkan keprofesionalisme guru yang berkelanjutan.

PBGT yang resmi didirikan pada tahun 2014 lalu tersebut, kini telah ber SK dan memiliki badan hukum serta NPWP sendiri. Dari kesuksesan pendirian PBGT tersebut tidak terlepas dari kerjasama dengan ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) dan Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban.

Menurut keterangan Ketua PBG Tuban, Fathul Muin, beberapa poin yang menjadi Misi dari PBGT diantaranya ialah: Memberikan pendampingan pendidik di bidang keterampilan mengajar manajerial, kewirausahaan dan pembuatan bahan ajar, memberikan pendampingan kepada pendidik untuk menguasai kompetensi pedagogik dan profesional, meningkatkan kualitas pendidikan, membentuk guru yang kreatif, inovatif dan berkarakter, memberikan informasi terbaru dibidang pendidikan, serta menjadi agen perubahan di Kabupaten Tuban.

Ditambahkan, menurut Muin sapaan akrabnya, tujuan dari PBGT adalah, untuk mendesain pelatihan pembelajaran inovatif dan kreatif, mendesain kegiatan pelatihan menulis karya ilmiah, membantu guru untuk mempublikasikan karya tulis atau artikel ilmiah, menerbitkan jurnal ilmiah, membantu pembuatan karya inovatif, membantu pembuatan dan pengembangan bahan ajar, mengadakan seminar pendidikan, mengadakan kegiatan open class, meningkatkan partisipasi masyarakat dan dunia usaha/dunia industri serta instansi terkait dalam menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas, serta membantu menyediakan sumber belajar, media belajar dan narasumber.

"Untuk kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan selama tahun ajaran 2017/2018, PBGT melaksanakan seperti yang tertuang dalam tujuan," ujarnya.

Muin mengungkapkan, dalam kantor PBGT tersebut telah dilengkapi dengan fasilitas ruang seminar, ruang diskusi, kantor, perpustakaan laboratorium IPA, laboratorium komputer, musala dan toilet.

Sementara ini, menurut Muin, anggota dari PBGT tersebut terdiri dari guru Taman Kanak-kanak (TK) sampai SMA/SMK dan telah mencapai puluhan anggota, baik anggota Aktif maupun Pasif.

"Selama ini PBGT telah menerbitkan buku Bahasa Inggris (Buku Suplemen) dan jurnal pertiga bulan," tambah Muin.

Ia berharap, semoga guru-guru di Kabupaten Tuban bisa membaca menu kegiatan dari PBGT, mulai dari penilaian autentik, PTK, pengembangan bahan ajar, pembelajaran inovasi, publikasi ilmiah, pembuatan media pembelajaran penilaian angka kredit.

Dalam kesempatan ini, Muin yang juga merupakan Kepala Sekolah (Kepsek) SMPN 6 Tuban mengucakkan banyak terima kasih kepada ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) yang telah memberi dukungan. [hud/rom]