Sebagian Bahan Pokok Naik, Pemerintah Klaim Stabil

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Meski ada kenaikan harga, untuk sebagian kebutuhan pokok menjelang bulan puasa ramadhan dan lebaran 2017, Dinas Koperasi dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Tuban, mengklaim harga di pasaran masih stabil dan terkendali. Sebab, kenaikan harga masih dalam ukuran wajar.

Kabid Perdagangan Diskoperindag, Bhismo S. Adji menjelaskan, dalam rapat koordinasi terbatas dengan Satgas Pangan di Polres Tuban, stok kebutuhan pokok menjelang bulan ramadhan dan Idul Fitri diperkirakan masih tercukupi. Sehingga harga masih stabil, jika ada kenaikan pun, sifatnya temporer.

"Sampai saat ini di dua puluh kecamatan masih terpantau stabil dan terkendali," jelas Bhismo kepada blokTuban.com, Sabtu (13/5/2017).

Diungkapkan Bhismo, untuk mengawasi harga kebutuhan pokok di Tuban, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) telah membentuk satgas pangan dari jajaran Polri. Di bawah kendali Polres Tuban, Pemkab pantau ketersediaan bahan pokok dan mengendalikan harga.

"Semua Kapolsek melakukan pantauan di pasar dan melaporkan ke Kapolres, ditambah Camat laporan ke Bupati," terang Bhismo.

Ketika disinggung ketersedian pasokan telur dan daging ayam potong di Tuban, pihaknya mengaku belum memiliki datanya. Sebab, pihaknya perlu berkoordinasi dengan dinas terkait.

"Untuk data kami belum punya, harus konfirmasi dulu dengan Sub Dinas Peternakan," pungkasnya. [rof/rom]