Pengrajin Cuti, Siasati Perbanyak Stok Saat Produksi

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Produksi Batik Tenun Gedog di wilayah Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, mulai awal tahun 2017 hingga saat ini mengalami penurunan produksi. Hal itu diungkapkan oleh pemilik Sanggar Batik Tenun Gedog Sekar Ayu di Desa Kedungrejo.

Pemilik Sanggar Batik Tenun Gedog Sekar Ayu di Desa Kedungrejo, Kecamatan Kerek, Uswatun Hasanah mengatakan, mulai awal tahun hingga saat ini produksi batik menurun, dikarenakan para pengrajin banyak yang cuti alias lebih fokus pada pertanian.

Namun, untuk mempertahankan para pelanggan agar tidak kecewa dan berpindah hati kepada pengusaha batik yang lain, Uswatun sapaan akrabnya mengaku telah menyiasatinya dengan menyetok dalam jumlah banyak saat musim produksi.

"Untuk menyiasati itu, ya harus nyetok banyak di bulan produksi antara bulan Juni hingga Desember," kata Uswatun saat dikonfirmasi blokTuban.com.

Ia menambahkan, produksi batik miliknya mulai awal tahun hingga saat ini menurun hingga 80 persen. Dikarenakan pembatik dan penenun terjun ke sawah dan ladang, sehingga yang masuk kerja tinggal sedikit.

"Mulai Januari hingga kini masih sedikit yang masuk kerja membatik," pungkasnya.

Diketahui pemilik Sanggar Batik Tenun Gedog tersebut, telah memasarkan sebagian besar hasil produksinya hingga sampai ke Bali dan Jakata.[hud/ito]