Pencari Katak di Soko Temukan Ular Piton 4 Meter

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Temuan ular piton berukuran panjang 4 meter di petak sawah, tepatnya di Desa Sandingrowo, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban mengundang perhatian. Adalah seorang pria pencari katak, Sukip, menemukan ular yang masuk dalam keluarga Pythonidae itu.

Pria yang merupakan warga Desa Nganten, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban itu menjelaskan, awal penemuannya itu ketika tengah mencari katak di petak sawah warga dan aliran air di sekitar rumahnya. Tepatnya Rabu (10/5/2017), pada pukul 22:30 Wib, ia mengetahui ada ular panjang dan ukurannya jauh lebih besar dari ukuran ular biasanya.

Sebab ia takut untuk menangkap seorang diri, akhirnya ia lari untuk memanggil salah seorang tetangganya yang memiliki keahlian menjinakkan bisa ular. Menurutnya, ular tersebut mesti segera ditangkap, jika tidak maka bisa membahayakan warga sekitar.

“Saya kaget, saat ada ular piton raksasa itu," katanya, Sabtu (13/5/2017).

Usai dijinakkan, ular yang kerap disebut sanca kembang ini pada bagian kepalanya dilili sebuah tali yang menutup bagian mata hingga mulutnya. Lantas ular raksasa tersebut dimasukkan keranjang dan dibawa pulang ke rumah Sukip yang ditempatkan di halaman rumahnya.

"Karena ular itu sudah jinak, sekarang menjadi tontonan warga sekitar," tambahnya. [dwi/rom]