9 Desa di Tuban Ini Sudah Lunasi PBB-P2 2017

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Dinas pendapatan, Pengelolaan, Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Tuban menyebut baru 9 desa di Kabupaten Tuban yang melunasi Pajak Bumi, Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) 2017.

“Kami saat ini tengah melakukan sosialisasi keseluruh desa, dan SPPT PBBP-P2 sudah kami distribusikan ke seluruh desa,” ujar Kepala Dinas pendapatan, Pengelolaan, Keuangan dan Aset Daerah, Rini Indrawati.
 
Desa-desa tersebut di antaranya,  Desa Sumber, Kecamatan Merakurak, Desa  Bulumeduro, Kecamatan Bancar, Desa Kendalrejo, Kecamatan Soko, Desa  Kebonharjo dan Sidomulyo, Kecamatan Jatirogo, Desa Kowang dan Prunggahan Wetan, Kecamatan Semanding, Desa Ngadipuro dan Tegalrejo, Kecamatan Widang.
 
Rini menambahkan, melalui PBB-P2 diharapkan bisa menjadi salah satu sumber andalan PAD di Kabupaten Tuban. Sehingga dalam pelaksanaan dan pengelolaan PBB-P2 harus diimbangi dengan pelayanan yang baik terhadap kebutuhan dan kepentingan masyarakat.
 
Diketahui, Diketahui, jumlah obyek pajak tahun 2017 mencapai 676.526 dengan potensi capaian sebesar Rp28.104.660.029. Sedangkan pada  2016 dikatakan mengalami peningkatan hingga 28 persen yang hanya mencapai  Rp21.926.242.080.
 
Berdasarkan hasil evaluasi tim, PAD Kabupaten Tuban, lanjut Rini, PBB–P2 yang diterima belum cukup maksimal. "Dari Pemerintah Pusat ternyata masih banyak potensi-potensi PBB-P2 yang perlu disesuaikan di antaranya nilai jual objek pajak yang jauh dari nilai pasar,” jelasnya.[dwi/col]