Penerima KIS Dominan Warga Kota

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Penerima manfaat jaminan kesehatan untuk orang yang kurang mampu dengan Kartu Indonesia Sehat (KIS) dikatakan Dinas Kesehatan Tuban didominasi warga Kecamatan Tuban Kota. Hal tersebut diketahui dari banyaknya pengajuan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM).

Kepala Dinas Kesehatan, Saiful Hadi mengatakan, jumlah penduduk Tuban sekitar 1,3 juta. Sedangkan survei kemiskinan atau warga yang berhak menerima subsidi pelayanan kesehatan di Tuban 17 persen. Artinya seharusnya terdapat 250.000 penduduk miskin yang berhak menerima KIS.

"Kebanyakan yang minta SKTM dari Tuban kota, padahal semestinya pemetaan orang miskin sebagian besar di wilayah pinggiran," kata Saiful.

Sementara itu, Camat Tuban, Erkamni mengaku, soal penerbitan KIS sebelumnya tidak melibatkan pihak kelurahan. Diungkapkan daftar penerima KISD sepenuhnya dari pemerintah pusat.

"Dari pusat kami tidak dilibatkan, data dari pemerintah pusat yang kemudian didistribusikan (KIS) via jasa ekspedisi dan penyerahannya melalui PKH, kata Erkamni, merujuk Program Keluarga

Ke depan, ia berharap dalam proses verifikasi data dapat melibatkan pihak terkait. "Andai data yang diperoleh secara button up sasaran lebih tepat," tandasnya. [dwi/rom]