Bersih Sungai Kerahkan 1.000 Relawan

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Aksi bersih-bersih bantaran sungai Bengawan Solo di sekitar Bendung Gerak Desa Simorejo, Kecamatan Widang mengerahkan sekitar 1.000 relawan, Selasa (25/10/2016).

Informasi yang diterima blokTuban.com, Badan Nasional Penanggulanan Bencana (BNPB) pusat memberi komando untuk membentuk gerakan terpadu dari hulu dan hilir membersihkan sungai. Sebab itu, kegiatan yang masuk dalam bagian gerakan nasional berpusat di daerah dengan elevasi atau memiliki ketinggian lebih rendah dari wilayah lain di Kabupaten Tuban.

Beberapa pihak yang terlibat diantaranya dari Pemerintah Kabupaten Tuban, Forum Pimpinan Daerah (Forpimda), Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD), aparat keamanan, kelompok relawan hingga masyarakat setempat.

"Komposisi terbesar dari warga setempat meliputi Desa Banjar, Kedungharjo, Tegalsari, Tegalrejo dan Simorejo. Karena Desa Simorejo merupakan wilayah dekat sungai, melibatkan 400 orang relawan," kata plt BPBD Kabupaten Tuban, Joko Ludiyono.

Selain menggerakan warga, lanjut Joko, kegiatan pembersihan lingkungan sekitar sungai pula diharap menumbuhkan komitmen stakeholder atau pemangku kepentingan di Tuban untuk menfaatkan dan mengelola sumber daya air secara maksimal. Semua elemen pemerintahan, masyarakat dan pengusaha diimbau memiliki visi sama dalam rangka mengurangi resiko terjadinya bencana. [dwi/rom]