Temukan Pecahan Keramik di Sekitar Lokasi

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Proses identifikasi benda yang diduga prasasti peninggalan jaman Kerajaan Airlangga di Dusun Banaran, Desa Prunggahan Wetan, Kecamatan Semanding masih terus dilakukan. Sejauh ini, pecahan keramik bahkan ditemukan di sekitar lokasi.

Baca juga [Penemuan Prasasti Diduga Peninggalan Era Airlangga]

Informasi yang dihimpun blokTuban.com, dari Kepala Desa Prunggahan Wetan, Hari Winarko, pencarian pecahan keramik dilakukan pada radius satu kilometer dari titik penemuan awal. Ditemukannya pecahan keramik, lanjut Hari, menjadi semangat tim identifikasi mencari tahu lebih lanjut.

Bersama tim Ronggolawe Creatif Center (RCC), komunitas yang peduli terhadap sejarah di Tuban, Hari mengungkapkan dugaan pecahan keramik menjadi simbol peradaban masyarakat di era sebelumnya. Pecahan keramik yang ditemukan bisa jadi menandakan adanya kemajuan di bidang ekonomi pada zamannya.

"Pecahan ditemukan di lahan milik warga, sebelumnya diperkirakan akibat kegiatan membajak sawah di kedalam 10 hingga 30 centimeter yang merusak sisa-sisa peninggalan keramik," kata Hari, Selasa (18/10/2016).

Kondisi saat ini, masih kata Hari, benda kuno yang diyakini peninggalan era terdahulu tidak terselamatkan akibat kurangnya kepedulian dari masyarakat. Benda kuno yang merupakan warisan leluhur seharusnya mendapat perhatian lebih di waktu kini. [dwi/rom]