H-1 Haul, Makam Mbah Jabbar Mulai Dipadati Peziarah

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Puluhan rombongan peziarah mulai mendatangi makam Syekh Abdul Jabbar di Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban.

Para peziarah yang datang guna menyambut haul wali yang lebih sering disebut dengan nama Mbah Jabbar. Secara resmi haul tersebut jadwalnya besok Senin-Selasa (17-18/10/2016), namun tak sedikit rombongan nampak berdatangan hari ini, Minggu (16/10/2016).

Pembina II Yayasan Abdul Jabbar Nglirip, Jazuli Ikhsan ketika ditemui blokTuban.com menjelaskan, rangkaian acara yang dimulai besok, rupanya sudah mulai dirasakan kemeriahannya hari ini. Hal itu dibuktikan ramainya pengunjung yang berdatangan untuk menggelar doa di puncak makam Mbah Jabbar.

"Jadwal resminya Senin pagi pukul 06.00 WIB dengan diawali tahtimul Qur'an bil ghoib," terangnya, Minggu (16/10/2016).

Haul Mbah Jabbar diselenggarakan setiap tahun pada tanggal 17 Muharam dalam penanggalan Hijriah. Namun, jika bertepatan dengan hari Jumat, pelaksanaan haul diundur pada hari berikutnya (Sabtu tanggal 18 Muharam).

"Haul kali ini adalah yang ke-53," imbuhnya.

Jazuli Ikhsan memaparkan, pada hari Senin terdapat tiga tempat yang serentak menggelar khataman Qur'an bil ghoib. Antara lain di makam Mbah Jabbar, makam Mbah Ganyong, dan masjid At Taqwa Mulyoagung.

"Ketika malam acara dilanjut dengan khataman Qur'an bi Nadhor oleh jamaah umum di komplek makam Mbah Jabbar. Hari terakhir, Selasa ditutup dengan kegiatan tahlil kubro dan istighosah yang dipimpin oleh Gus Ubaid dari Langitan," pungkasnya.[rof/col]