Wagub Jatim Kunjungi Anak Disabilitas di Tambakboyo

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Wakil Gubernur Jatim, Saefullah Yusuf mengunjungi Meidias Jati Irawan, seorang anak penyandang disabilitas di Desa Ngulaha, Kecamatan Tambakboyo, Kabupaten Tuban, Kamis (6/10/2016) siang.

Dalam kunjungan tersebut, pria yang akrab disapa Gus Ipul itu ditemani oleh beberapa SKPD terkait. Gus Ipul bercerita, bahwa kedatangannya menemui meidias adalah untuk mengetahui keadaan Meidias, sebab informasinya dia dipasung oleh keluarganya.

"Jatim mempunyai program bebas pasung, makanya saya cek langsung," jelas pria yang menjabat Wakil Gubernur dua periode itu.

Mantan Ketua Umum GP Ansor itu menjelaskan, setelah dirinya mengetahui keberadaan anak tersebut, ternyata tidak dipasung. Berdasarkan penuturan neneknya, Meidias setiap harinya di rumah.

Hanya saja, jika neneknya akan berangkat ke sawah atau keluar rumah, bocah berusia 7 tahun itu dengan sendirinya minta diikat.

"Minta diikat sendiri, mungkin sudah terbiasa setiap harinya diikat jika neneknya hendak keluar," jelasnya.

Gus Ipul menuturkan, selanjutnya bocah penyandang disabilitas itu akan mendapatkan perawatan dari Pemerintah dan akan diurus oleh dinas terkait untuk mendapatkan perawatan.

"Akan mendapatkan penanganan langsung, mungkin layaknya obat jalan dan dokter psikologi," pungkasnya.[nok/col]