Pemenuhan Air Bersih di Sidonganti Terkendala Solar yang Mahal

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Masyarakat di Desa Sidonganti, Kecamatan Kerek dan Desa Guwoterus, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, saat ini tak lagi kesulitan untuk memperoleh air bersih. Pasalnya sebuah sumber mata air yang berada di Kerawak telah dapat difungsikan oleh ribuan Kepala Keluarga (KK) yang berada di dua desa tersebut.

Kepala Desa (Kades) Sidonganti kepada blokTuban.com mengatakan sumber mata air yang berada di kawasan hutan lindung tersebut saat ini cukup
memberikan kemudahan warga di dua desa yang berada di dua kecamatan berbeda itu untuk memeroleh air bersih.

“Sebelumnya, masyarakat mesti susah payah untuk memperoleh air yakni dengan jarak beberapa kilometer untuk menuju sumber mata air,” ujar Ahmad kepada blokTuban.com.

Ahmad menambahkan, meskipun dalam pengelolaan sumber mata air masih terdapat beberapa kendala. Di antaranya yang saat ini menjadi perhatian Pemerintah Desa (Pemdes) yakni alat oprasionalnya yang masih menggunakan diesel berbahan bakar solar. Sehingga biaya yang dikeluarkan untuk membeli solar dinilai terlalu tinggi.

“Untuk saat ini biaya yang dikeluarkan untuk oprasional terlalu tinggi dikarenakan alat yang digunakan tersebut masih menggunakan bahan bakar solar,” kata Ahmad.

Pemdes berharap, untuk meminimalisir anggaran, alat yang dipakai untuk menyedot air berupa listrik. Selain biayanya lebih terjangkau, iuran dari warga juga bisa dipakai untuk menunjang sarana dan prasarana lain agar lebih lancar dan baik.[hud/col]