Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein, berharap agar Kepala Desa mau melibatkan masyarakat dalam penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (RAPBDES). Hal itu dilakukan untuk memberikan kepercayaan dalam transparansi anggaran.

"Jadi kalau kades mau melibatkan masyarakat itu justru bagus, karena sebagai bentuk partisipasi dan juga keterbukaan," ujar Noor Nahar sapaan akrabnya kepada blokTuban.com (Kamis, 1/9/2016)

Selanjutnya, pria yang juga menjabat sebagai Ketua DPC PKB Tuban menerangkan, mengenai transparansi penggunaan anggaran desa itu sebenarnya sudah diatur. Baik Peraturan Menteri Desa (Permendes) maupun Peraturan Daerah (Perda), disitu sudah menjelaskan secara detail.

"RAPBDES harus disosialisasikan juga, sosialisasi dalam bentuk pengaman agar masyarakat mengetahui," terang pria kelahiran Rengel.

Menurutnya, saat ini yang perlu dilakukan Kades adalah lebih memberanikan diri untuk merangkul elemen masyarakat yang bertujuan mengontrol ADD maupun DD secara bersama.

"Kades harus bisa melakukan itu, walaupun harus bertahap," pungkasnya.[nok/ito]