Pemdes Apresiasi Pelayanan Identitas Melalui Mahasiwa KKN

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) bekerja sama dengan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Unirow memberikan pelayanan bagi masyarakat guna melengkapi identitas diri. Kegiatan ini diapresiasi Pemerintah Desa Bangunrejo, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban yang menjadi lokasi pelaksanaan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Desa Bangunrejo, Sutrisno mengaku cukup terbantu adanya program dari Disdukcapil yang memberi pelayanan pengurusan identitas diri, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) dan Akta.

"Setelah dilihat, program pelayanan identitas diri melalui mahasiswa KKN sebagian besar singkron dengan program Pemdes," kata pria asal Kabupaten Bojonegoro tersebut.

Salah satu program yang sesuai, lanjut Sutrisno seperti pendataan keluarga prasejahtera hingga keluarga sejahterta tingkat tiga. Sehingga dari pendataan tersebut dapat diketahui di mana posisi sebuah keluarga dalam tahapan keluarga.

"Untuk mengetahui jumlah (keluarga prasejahtera-sejahtera tingkat tiga) sudah dilakukan pendataan di lapangan langsung," ujarnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, pada 8 Agustus 2016 lalu mahasiswa KKN Unirow dilepas secara resmi oleh Bupati Tuban, Fathul Huda. Sesuai ketentuan, Pemerintah Kabupaten Tuban melalui mahasiswa turut memberikan pelayanan di bidang kependudukan.[dwi/col]