Pemkab dan Mahasiswa KKN Gelar Layanan Identitas Diri

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Pemerintah Kabupaten Tuban melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) menggandeng mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UNIROW menggratiskan pengurusan identitas diri.

Ketua KKN UNIROW di Desa Bangunrejo, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, Heni Puspita Rini mengatakan, kerjasama tersebut berlangsung selama jadwal KKN yang sudah ditetapkan.

"Pengurusan identitas seperti KTP, pembuatan dan pembaharuan kartu keluarga, pembuatan akte kelahiran dan kematian," kata mahasiwa prodi PGPAUD tersebut.

Namun demikian, dikatakan Heni, pelayanan yang diberikan hanya kepada masyarakat yang berdomisili di sekitar lokasi KKN. Selama ada KKN, lanjut mahasiswa angkatan 2013 tersebut, pengurusan identitas diri dipermudah dan digratiskan.

"Kami mulai buka pelayanan dari tanggal 21 hingga 23 Agustus 2016, sebab waktu KKN juga terbatas dan sebelum pulang harus selesai," katanya, Senin (22/8/2016).

Sementara itu, salah seorang warga setempat, Aris Purwo Susanto (24) mengatakan, merasa terbantu dengan adanya program pelayanan pengurusan identitas diri tanpa dipungut biaya tersebut. Menurut pengalamnnya, selama ini pengurusan identitas diri cukup lama dan berbelit.

"Ini sedang mengurus KTP, KK dan Akte kelahiran anak," kata pria tersebut sambil mengisi formulir pengurusan. [dwi/rom]