Kemenpar: Dinas Terkait Harus Duduk Bersama

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Menyangkut kebersihan sebuah obyek wisata menjadi tanggungjawab bersama. Hal demikian yang diutarakan Perwakilan Kementerian Pariwisata melalui Kepala Sub Bidang (Kasubid) Pengembangan Sadar Wisata, Arum Damarintyas saat bertandang ke Tuban dalam kampanye sadar wisata.

Ia mengungkapkan kebersihan lokasi wisata menjadi salah satu bunyi dalam Sapta Pesona. Namun, menurutnya kebersihan menjadi tanggung jawab bersama semua pihak yang terlibat di dalamnya.

[Baca juga:  Pengunjung Terganggu, ini Tanggapan Kabid Pariwisata ]

Melihat sampah yang memenuhi bibir Pantai Boom, ia berharap masyarakat dan pemerintah setempat memiliki sinergitas dalam memecahkan persoalan tersebut.

"Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) terkait, dalam hal ini Dinas Perekonomian dan Pariwisata (Disperpar) duduk bersama dengan pihak terkait," katanya.

Masyarakat dan pedagang kaki lima sekitar lokasi wisata, masih kata Arum harus diberikan wawasan sadar wisata. Selain itu tanggung jawab kebersihan lingkungan sekitar dapat dikoordinasikan dengan Dinas Lingkungan Hidup.

"Dari bidang lingkungan dapat memberi wawasan 3R, Reuse (menggunakan kembali), Reduce (mengurangi sampah), dan Recycle (mengolah kembali atau daur ulang) yang nantinya dapat meninggalkan jejak positif bagi wisatawan," kata Arum menambahkan.[dwi/ito]