Tawaran, Ikon Ternak Sapi Kecamatan Kenduruan

Reporter : Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Kecamatan Kenduruan merupakan kecamatan yang letak geografisnya jauh dari wilayah perkotaan, dan masyarakatnya masih kental dalam memegang erat budaya. Saat ini ada sembilan desa di wilayah kecamatan tersebut. Sebelah selatan dan barat berbatasan langsung dengan kabupaten Blora, sebelah utara dengan Kabupaten Rembang, dan sebelah timur Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban.

Camat Kenduruan, Hendro Basuki, mengatakan, dari sembilan desa yang ada di kecamatan yang dipimpinnya, terdapat satu desa yang menjadi ikon Kenduruan. Bisa juga disebut surganya Kecamatan Kenduruan, yaitu Desa Tawaran. Sebagian besar warganya rata-rata bermata pencaharian sebagai petani.

“Para petani sangat makmur sekali. Terbukti dengan potensinya berupa tanaman padi, jagung, dan singkong,” ujar camat asal Parengan tersebut.

Selain itu peternakan juga tak kalah andil dalam memajukan Desa Tawaran. Menurut informasi yang didapat bloktuban.com di lapangan, ada sekitar tujuh peternak sapi pedaging yang tesebar di Desa Tawaran.

Salah satu peternak bernama Akwan (52) . Ia adalah seorang ketua kelompok tani di desa tersebut . sejak tahun 1994 sudah berkecimpung di dunia peternakan. Tidak diragukan lagi peternak yang satu ini, dalam satu musim lebaran Idul Adha saja ia mampu kirim sapi sampai 100 ekor ke Kota Bogor, Jawa Barat.

“Awalnya dulu saya bagi hasil dengan pemilik sapi. Kini Alhamdulillah sudah bisa jual sendiri,” jelas Akwan kepada blokTuban.com, Rabu (8/6/2016).

Sejak tahun 2003 sampai sekarang kerja samanya dengan pengepul asal Bogor cukup menjanjikan. Setiap habis Lebaran, Akwan mulai mencari stok sapi di desa-desa sekitar wilayah Kenduruan. “Proses pengirimannya secara bertahap, kalau sudah cukup satu truk dengan jumlah 10 ekor langsung kita kirim ke Bogor. Kemudian cari lagi untuk ditampung di kandang, begitu seterusnya,” terang Akwan saat ditemui di rumahnya. [rof/col]