Petani Hargoretno Panen Kentang dengan Hasil Memuaskan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Setelah sekitar empat bulan tanam, akhirnya petani Desa Hargoretno, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban dengan senang melakukan panen dan Kentang, Selasa(7/6/2016).

Pasalnya panen Kentang para petani musim ini hasilnya bagus, dan ada peningkatan dibanding tahun lalu. Sebelumnya para petani di desa tersebut menanam kentang dengan cara tumpang tindih dengan tanaman jagung yang telah dipanen beberapa bulan lalu.

Kentang petani di Desa Hargoretno berbeda dengan kentang-kentang yang dipanen para petani ditempat-tempat lain, salah satu petani Lestari (50) mengatakan perbedaanya terdapat pada ukuran yang lumayan kecil namun tidak sedikit pula hasil panen yang berukuran sedang, dan warna kulitnya agak gelap.

"Warna kulit kentang didesa ini cenderung gelap, mungkin dipengaruhi oleh tanah," tutur Lestari kepada blokTuban.com.

Petani lain Punikah (40) mengungkapkan, panen musim ini lahan seluas kurang lebih 6x30 meter mendapatkan 15 karung pupuk, dan setiap kali selesai memanen langsung dijual ke tengkulak yang berada didesa terdekat.

"Sekarang tengkulak mengambil dari petani dengan harga Rp200 ribu perkarung pupuk," tambah Punikah.

Duliketahui petani didesa tersebut sudah sejak lama melakukan penanaman kentang, dan benihnya sendiri petani memilih benih turunan dari tanaman sebelumnya.[hud/ito]