Penerima PKH Produktif Setelah Bantuan Distop

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) tak akan lagi menerima bantuan tahun depan. Pasalnya mereka sudah menerima sejak tahun 2007 dan 2008. Kini mereka sedang melakukan persiapan saat tak lagi menerima bantuan tunai agar produktif nantinya.

Salah seorang penerima dana PKH, Marina (23) asal Kelurahan Latsari menuturkan dalam beberapa bulan terakhir ia mengikuti pelatihan Kelompok Usaha Bersama (KUBE). "Sudah berjalan sekitar satu bulan ini. Kelompok kami membuat nuget dan pentol," kata ibu tiga anak ini kepada blokTuban.com.

Seperti diketahui, program KUBE diperuntukkan Keluarga Sangat Miskin (KSM). Tiap satu kelompok berisi 10 orang dengan biaya satu kelompok Rp20 juta.

Koordinator PKH Kabupaten Tuban, Arif Hidayatullah mengatakan setiap satu kelompok menerima dana untuk dikelola bersama. Tidak untuk dibagi-bagi ataupun dipecah.

"Dana diberikan untuk dikelola dan mempersiapkan KSM untuk dilepas secara mandiri. Akan tetapi dana tidak boleh diambil sendiri-sendiri," kata Arif menambahkan.[dwi/fah]