Penyaluran Dana Desa, Target April 60 Persen

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Kementerian Desa melalui Direktur Jenderal (Dirjen) Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Taufik Madjid mentargetkan penyaluran dana desa pada April 2016 ini, rampung hingga 60 persen.

Sebagaimana disebutkan Taufik, pada 2016 terdapat 434 Kabaupaten/Kota secara nasional ditargetkan menerima penyaluran dana desa. Akan tetapi pada minggu awal April baru 102 Kabupaten/Kota dilaporkan menerima dana desa.

Hingga saat ini, total 102 Kabupaten/Kota yang menerima penyaluran dana desa mencapai nominal Rp7,2 triliun. Dimana total keseluruhan dana sebesar Rp46,9 triliun dari dana desa secara nasional.

Dapat dikatakan, pada akhir April 2016 ini, pemerintah mentargetkan penyaluran dana desa sedikitnya mencapai Rp28,14 triliun. Yang mana menjadi tugas masyarakat, organisasi masyarakat dan forum pimpinan daerah (forpimda) dalam mengawal penyaluran dana desa tersebut.

"Saat ini belum dirilis data resmi dari lembaga keuangan. Ada beberapa syarat yang belum disampaikan pemerintah kabupaten ataupun peraturan bupati yang belum disesuaikan," kata Taufik pasca menghadiri Konferensi Cabang (Konfercab) ke 18 Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda PC GP ANSOR, Sabtu (16/4/2016). [dwi/rom]