Bibit Klengkeng, Banyak Diserbu Pembeli

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Bibit buah klengkeng menjadi salah satu jenis tanaman buah yang diminati oleh banyak kalangan. Seperti halnya yang terjadi saat musim seperti ini, di Agro Raya yang berada di Desa Montongsekar, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban.

Tempat pembibitan segala macam tanaman buah dan sayur itu, saat ini ramai didatangi para pembeli. Kebanyakan, selain membeli bibit sayuran banyak juga yang datang dari jauh untuk membeli bibit buah terutama klengkeng.

Terdapat beberapa jenis bibit buah klengkeng yang banyak diminati oleh para pembeli, seperti klengkeng matalada dan klengkeng kristal. Dalam kurun waktu sebulan, bibit klengkeng bisa terjual sampai 30 pohon lebih, ada yang tinggi satu meter dan ada yang telah berbuah.

"Saat ini untuk tanaman buah yang tingkat penjualanya tinggi adalah klengkeng," ungkap Sita Muyassyaroh (46), istri Suliyadi perintis Agro Raya, Selasa (5/4/2016).

Banyaknya peminat buah yang rasanya manis dan mempunyai biji hitam tersebut, karena perawatanya cukup mudah, sehingga dapat menarik minat para masyarakat. Disamping itu, pembibitan yang dilakukan di Agro Raya juga merupakan bibit yang memiliki varietas unggul, dan harga yang dibandrol juga miring.

"Untuk harga juga bervariasi, mulai dari Rp75 ribu sampai Rp125 ribu, tergantung ukuran bibit ada yang setinggi setengah meter sampai ada yang telah berbuah," kata Muyassyaroh kepada blokTuban.com. [hud/rom]