Sambal Ndeso, Menu Warung Sederhana Kali Besar

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Hari Minggu waktunya jalan-jalan. Nah, ada menu kuliner yang bisa Anda coba bareng keluarga. Yakni Warung di kawasan hutan Desa Pakel, tepatnya Kali Besar, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban. Di sini sambal nya maknyus enaknya.

Lokasi warung berada kurang lebih 3 Kilometer dari pusat Kecamatan Montong dan berada di lahan persawahan. Hal itumenjadikan warung bernuansa pedesaan. Tidak jauh dari warung tersebut terdapat hutan yang begitu rindang milik perhutani BKPH Montong.

Sudah lama warung itu dikenal dengan sambelnya yang pedas dan nikmat. Ini menjadi daya tarik para pencinta kuliner dari kawasan Kecamatan Montong, bahkan luar kota. Racikan sambal masih dilakukan dengan cara tradisional. Penggemar kuliner ini pun kerap menamainya Sambal Ndeso.

"Sambal milik saya ini saya racik secara tradisional, yang bahanya terdiri dari lombok, bawang merah, bawang putih, tomat, terasi, dan garam," terang Silikah kepada blokTuban.com saat sedang menghaluskan bumbu didapur.

Warung milik Silikah (40) ini sudah lima tahun melayani pembeli. Untuk menu makanan ia menghidangkan Jamur goreng, Jeroan, Pecel lele, Sayur Asem, kadang juga menyediakan Becek Mentok.

"Semua bumbu sambal ndeso yang menjadi pelengkap semua menu tersebut merupakan racikan sendiri dan diolah secara tradisional," tambahnya.

Para pelanggan warung milik istri Kamid ini, biasanya rombongan 20 orang. Terkadang mereka membawa lele dan mentok sendiri dari rumah dan disuruh untuk memasakkan di tempat tersebut."Untuk nasi terdapat dua macam nasi, yakni nasi jagung dan nasi putih," sambungnya.

Sedang menu minuman warung sederhana tersebut menyediakan, kopi, teh, dan bermacam-macam es. Terdapat juga banyak makanan ringan dan beberapa macam gorengan, seperti tahu, tempe dan gedang goreng. "Setiap porsi nasi dan lauknya saya hargai Rp7.000," pungkas Silikah.[hud/fah]