Musim Tak Tentu, Kebun Belimbing Madu Diserang Hama

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Sentra kebun belimbing madu, di Desa Tasikmadu, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, diserang hama akibat musim yang tidak menentu. Ada dua jenis hama yang saat ini mengganggu tanaman belimbing. Pertama adalah hama jenis penggerek batang, dan kedua adalah hama jenis lalat buah.

Hama jenis penggerek batang menyerang bagian pohon. Hama ini mampu menyusup ke dalam batang dan menyerang bagian dalam pohon.

"Kalau sudah terserang hama ini, mendadak saja batangnya lapuk dan akhirnya mati. Padahal dari luar batang terlihat tidak bermasalah," terang salah satu petani belimbing madu, Yasin (50), kepada blokTuban.com, Senin (14/3/2016).

Kemudian untuk hama jenis lalat buah juga menyerang di waktu bersamaan. Lalat ini hinggap dan menitipkan larvanya ke dalam buah yang masih kecil. Efeknya, bakal buah ini akan menguning dan jatuh dari pohonnya sebelum besar. Meskipun ada yang sampai besar, kualitas buah akan menurun.

"Jadi sejak kecil buah belimbing ini harus langsung dibungkus, agar tidak dihinggapi lalat," jelas Yasin.

Pelopor belimbing madu ini menduga, terserangnya hama karena perubahan iklim yang cukup drastis. Terkadang, udara terasa panas meskipun sedang musim penghujan. Hal ini dirasakan petani sejak lima tahun terakhir.

"Kalau dulu belimbing dibiarkan saja pasti bisa matang di pohon. Kalau sekarang harus dibungkus kalau ingin belimbing bisa matang di pohon," tandasnya. [pur/rom]