Gerhana Matahari Pengaruhi Pengunjung Wisata di Singgahan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Biasanya saat hari libur, baik itu libur akhir pekan atau libur Nasional, membuat wisata yang ada di Bumi Wali sebutan Tuban ramai dipadati pengunjung. Tapi hal itu berbeda dengan hari libur Nasional atau tanggal merah yang jatuh pada Rabu (9/3/2016), bertepatan dengan hari raya Nyepi tahun saka 1938 bagi umat hindu, beberapa wisata yang berada Kecamatan Singggahan, Kabupaten Tuban sepi pengunjung.

Sepinya pengunjung nampak terlihat di kawasan wisata air terjun Nglirip yang berada di Desa Mulyoagung. Salah satu penjaga di wisata tersebut, Rohmat (50) mengatakan, hari libur kali ini berbeda dengan hari libur sebelumnya, mungkin dikarenakan imbas dari terjadinya gerhana matahari yang berlangsung pada pagi hari tadi.

"Sepi, mungkin ini pengaruh dari gerhana matahari tadi pagi, yang membuat masyarakat asyik melihat gerhana daripada harus berlibur," terangnya kapada blokTuban.com.

Namun berbeda dengan apa yang terjadi di Wisata Tirta Ngrogo (WTN), yang berada di Desa Mulyorejo, Kecamatan Singgahan. Saat peristiwa gerhana sedang berlangsung pada pagi hari tadi, WTN nampak sepi. Namun saat siang, wisata ini mulai ramai pengunjung.

Salah satu penjaga parkir wisata tersebut, Porwanto (48) menjelaskan, gerhana matahari tidak begitu berpengaruh terhadap WTN. Memang saat pagi hari atau saat berlangsungnya gerhana wisata sepi, tapi saat siang mulai berdatangan para pengunjung.

"Tadi sepi, tapi semakin siang wisata kolam renang ini menjadi ramai," ujar Porwanto. [hud/rom]