SMPN 1 Rengel Bebaskan Murid dari Pelajaran

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Kondisi Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Rengel pasca banjir bandang yang menimpa kawasan Desa/ Kecamatan Rengel tidak dapat digunakan untuk proses belajar mengajar. Sehingga siswa SMPN 1 Rengel dibebaskan dari mata peajaran hari ini, Senin (7/3/2016).

Bencana yang terjadi pukul 16.00 WIB kemarin tersebut menerjang masuk hingga ruang kelas dan ruang guru SMPN 1 Rengel. Partikel lumpur merah bercampur air memenuhi lokasi sekolah yang terletak sebelah selatan pasar Rengel tersebut.

"Siswa dibebaskan dari pelajaran dan dikerahkan untu membersihkan sekolah bersama segenap warga sekolah, TNI, Polri dan tim sukarelawan lain," kata Kepala Sekolah SMPN 1 Rengel, Sugiyanto.

Dari pantauan blokTuban.com di lapangan lumpur yang mengedap di bagian belakang sebelah barat SMPN 1 Rengel ini setebal 30 centimeter. Terdapat pula plafon di salah satu kelas ambrol sebagian. Segenap tenaga dikerahkan untuk mengeruk dan membersihkan lumpur yang berada di lokasi sekitar.

"Pada sore hari setelah diketahui banjir menerjang sekolah, kemudian dikirim pesan berantai pada siswa untuk mengenakan kaos olahraga esoknya. Kelas yang berada di sebelah barat sungai, ruang guru dan lapangan voly dipenuhi lumpur," kata Sugiyanto menambahkan.

Kendati upaya pembersihan terus dilakukan, proses belajar mengajar untuk satu hari kedepan belum dapat dipastikan. Pasalnya sisa lumpur masih memenuhi seluruh lokasi di SMPN 1 Rengel. [dwi/col]