Banjir Bandang Porakporandakan Desa Rengel

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Curah hujan tinggi yang terjadi pada Minggu (6/3/2016) sekitar pukul 15.30 WIB  di wilayah Kecamatan Rengel0 menyebabkan banjir bandang. Akibatnya banjir tersebut, memporakporandakan beberapa lokasi di Desa/ Kecamatan Rengel.

Diduga, hujan deras yang mengguyur daerah pegunungan utara (jurang Dusun Jaten Cilik) mengakibatkan air deras turun dengan vomule besar. Derasnya air bercampur lumpur dan kerikil karena elevansi atau kemiringan melanda dan merusak pemukiman dan fasilitas umum lainnya.

Camat Rengel, M. Mahmud mengatakan, air bah yang datang diperkirakan dari arah Desa Banyubang, Kecamatan Grabagan. "Akibat dari banjir bandang mengakibatkan jebolnya talud (tanggul penahan air) sepanjang 20 meter, pagar belakang pasar sepanjang 20 meter tiga rumah rusak berat dan delapan rumah rusak ringan," ungkapnya kepada blokTuban.com, Senin (7/3/2016).

Selain kerusakan fisik yang diakibatkan bajir bandang, jalan raya Rengel-Bojonegoro dipenuhi batu dan lumpur setebal kurang lebih 20 centimeter. Sejumlah siswa SMPN 1 Rengel hari ini tidak mendapat mata pelajaran. Lantaran semua siswa dikerahkan untuk membersihkan sekolah dari lumpur kurang lebih setebal 30  centimeter.

Dari pantaun blokTuban.com di lapangan, lumpur berwarna merah memenuhi setiap sudut area tergerus banjir. Kendati demikian, Pasar Rengel yang bagian pagar belakang tersapu banjir tidak menganggu kegiatan ekonomi warga di pasar tersebut.

"Kerugian hingga saat ini ditaksir kurang lebih mencapai Rp250 juta," kata Mahmud menambahkan.[dwi/ito]