Penting, UKM Perlu Tingkatkan dan Kembangkan Usaha

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) penting melakukan usaha pengembangan dan peningkatan produksi. Entah itu yang menghasilkan barang maupun jasa.

Hal itu disampaikan, Kepala Bidang Koperasi dari Dinas Perekonomian dan Pariwisata (Disperpar), Rohmad menurutnya, keaktifan pelaku usaha perlu ditingkatkan dari segi permodalan, pemasaran dan pengiriman barang.

"Kami mengagendakan pelatihan peningkatan dan pengembangan jaringan usaha bagi pelaku UKM yang bertujuan memndorong UKM untuk lebih pro aktif di dalam menghadapi MAsyarakat Ekonomi Asean (MEA)," ujar Rohmad, Selasa (16/2/2016).

Beberapa perusahaan digandeng untuk memberi pelatihan pada pelaku UKM. Yaitu perusahaan yang berada di bawah naungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), seperti Bank BRI, PT Telkom dan PT POs Indonesia.

"Dari perbankan diharapkan pelaku UKM mampu mengatasi masalah permodalan. Kemudian dari perusahaan telekomunikasi dapat menjadi solusi pemasaran di era serba canggih ini, pemasaran melalui online misalnya. Dan dari perusahaan yang bergerak di bidang jasa, terutama jasa pengiriman dapat mempermudah pelaku UKM untuk mendistribusikan produk mereka," kata Rohmad kepada blokTuban.com

Seperti diberitakan sebelumnya, Disperpar mengadakan kegiatan peningkatan dan pengembangan jaringan usaha bagi UKM. Kegiatan berlangsung selama dua hari, yakni pada 16 dan 17 Februari 2016. [dwi/col]