Skip to main content

Category : Kolom


Meretas Wisata Alternatif Bumi Wali

Kabupaten Tuban atau lebih familier disebut Bumi Wali, selama ini cukup dikenal dengan wisata relegi. Paling dikenal adalah makam Sunan Bonang yang mempunyai nama lengkap Raden Maulana Makdum Ibrahim. Pengunjung yang datang juga bisa menikmati megahnya Masjid Agung Tuban yang terletak tepat di barat Alun-alun Kota. Tidak hanya itu, terdapat makam Sunan Bejagung, Mbah Jabar dan lokasi ziarah lain yang cukup menyebar di Tuban.

Gandul Dulu dan Sekarang

Menagih Janji Pemberdayaan di Gandul (bagian 2/selesai)

Ketika lokalisasi Gandul, di Dusun Wonorejo, Desa Gesing, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, resmi ditutup pada 15 Januari 2013 silam, puluhan Pekerja Seks Komersial (PSK) hanya bisa pasrah diberi pesangon dan dipulangkan ke kampung halaman.

Gandul Dulu dan Kini

Suatu Siang, di Eks Lokalisasi Gandul (bagian 1)

Suasana lenggang menyambut, diantara deretan rumah-rumah yang ada di Dusun Wonorejo, Desa Gesing, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Cuaca terik menjadikan suasana kian sepi, lantaran sebagian penghuninya enggan keluar rumah.

Sebuah Catatan

Pemuda Tuban, Jadilah Wiranggaleng

Bagi penggemar Pramoedya Ananta Toer, tentu tidak akan asing dengan nama Wiranggaleng. Pemuda asal Awis Krambil, salah satu desa pedalaman di Kabupaten Tuban ini, menjadi tokoh sentral di roman sejarah Arus Balik karya sastrawan ternama asal Kabupaten Blora ini.  Apabila Minke, banyak disebut sebagai representasi dari tokoh yang dijuluki Bapak Pers Nasional, yaitu Tirto Adi Suryo. Sementara Wiranggaleng? adalah tokoh yang masih misterius dan entah darimana Pram mendapatkan inspirasi.

Selamat Hari Jadi, Tuban

Apa yang kurang dari Tuban? Jawabnya pasti seperti tidak ada. Bumi Wali, sebutan akrab yang belakangan ini lebih familier dibanding celetukan orang sebelumnya "Kota Tuak", mempunyai segala yang diidamkan sebuah kota atau kabupaten. Sebut saja, industri skala nasional sampai internasional, Minyak dan Gas Bumi (Migas), semen, pertambangan batu, sampai dengan penangkaran ikan.