Skip to main content

Category : Kebijakan


Transparansi ADD dan DD, Sesuai dengan Perbup

Transparansi penggunaan Anggaran Dana Desa dan Dana Desa (DD) terus menjadi sorotan, sejak ditetapkannya Kepala Desa (Kades) Talun, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, yang berinisial RU (35) sebagai tersangka kasus korupsi penyalagunaan dana yang bersumber dari pemerintah tersebut. Anggaran yang menjadi angin segar bagi desa itu seolah menjadi santapan empuk bagi Kades ataupun perangkat nakal yang ingin memanfaatkan dana tersebut untuk kepentingan pribadinya.

Bapemas Berharap Kades Transparan Penggunaan ADD dan DD

Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapemas), Pemerintahan Desa (Pemdes) dan Keluarga Berencana (KB) Kabupaten Tuban berharap, agar setiap Kepala Desa mampu mengelola Anggaran Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) secara transparan. Sebab, uang yang bersumber dari pemerintahan baik Pusat ataupun Pemerintah Kabupaten itu harus diketahui penggunaanya oleh masyarakat.

Pembatalan Perda Jelas Terdapat Kerugian

Pembatalan Empat Peraturan Daerah (Perda), oleh Kementerian dalam negeri (Kemendagri) jelas terdapat nilai kerugian bagi Pemerintah Kabupaten Tuban. Sebab, dengan dibatalkannya Perda, maka segala urusan yang berkaitan dengan peraturan tersebut tidak bisa ditetapkan.

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah

Permendikbud 18 Akan Disosialisasikan

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Tuban akan segera mensosialisasikan Permendikbud nomor 18 Tahun 2016, tentang Pengenalan Sekolah. Dimana sesuai Permen itu, istilah Masa Orientasi Siswa (MOS) diganti dengan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

Labsite untuk Dongkrak Potensi Desa

Labolatorium Desa atau Labsite akan diproyeksikan untuk mendongkrak potensi di tiap desa. Sebab, semua potensi desa nantinya akan diseleraskan dengan data yang berbasis teknologi.

Labsite, 2017 Baru Dikaji untuk Diterapkan

Labsite atau labolatorium desa yang merupakan program lanjutan terkait pelaksanaan lomba desa baru akan dikaji di tahun 2017. Sedangkan untuk penerapannya diperkirakan ditahun 2018.

Desa Terbaik akan Dapat Program Labsite

Desa terbaik dalam pelaksanaan lomba desa 2016, rencananya akan mendapatkan program lanjutan Labsite.<br />Labsite adalah tempat labolatorium, dimana di desa tersebut segala kebutuhannya menggunakan program elektronik atau berbasis ITE (Informasi Transaksi dan Elektronik).

Tunggu Hasil Studi, Bendungan Jambon Baru Dibangun

Bendungan Jambon akan dibangun setelah hasil studi kelayakan selesai. Hingga saat ini Pemerintah Kabupaten Tuban masih dalam proses studi kelayakan, untuk menentukan pembangunan bendungan yang akan menjadi solusi dari banjir yang kerap menerjang wilayah Tuban kota hingga Merakurak.

BNK Tuban Ditarget Terbentuk 2017

Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Tuban ditarget sudah bisa terbentuk tahun 2017 mendatang. Sekarang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tuban masih melakukan komunikasi dan persiapan agar lembaga tersebut bisa terbentuk.

Tuban Sport Centre (TSC)

Pemkab Akan Minta Bantuan Pemerintah Pusat

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban akan menjalin kerja sama dengan pemerintah pusat untuk membantu dalam penyelesaian pengerjaan Tuban Sport Centre (TSC).&nbsp;Sebab proyek megah arena sport tersebut memakan anggaran yang tidak sedikit.