Skip to main content

Category : Ekonomi & Migas


Dalam Satu Minggu, Produksi Batik Gedog Tulis 1000 lembar

Produksi Batik Gedog Tulis milik Zainal Abidin yang&nbsp;berada di Desa Jarorejo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban dan di Jalan<br />Majapahit Tuban dalam satu minggu menghasilkan hingga kurang lebih&nbsp;1000 lembar kain.

Usah Batik Gedog Tulis, Omset 100 Juta Perbulan

Usaha Batik Gedog Tulis di Desa Jarorejo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban dalam sebulan omset mencapai Rp100 juta. Usaha yang dimulai sejak tahun 1978 oleh salah satu warga Kecamatan Kerek tersebut, saat ini telah berkembang dengan pesat.

Sangkar Burung dan Fenomena yang Dihadapi Pengrajin

Demit, sebuah desa di wilayah Jatirogo, Tuban, adalah salah satu desa yang dikenal sebagai sentra kerajinan bambu. Banyak diantara warganya yang bermata pencaharian sebagai pengrajin bambu, karena bambu adalah tanaman yang banyak tumbuh di hutan wilayah tersebut.

Pengrajin Sangkar Burung Ukir Makin Diminati

Kerajinan sangkar burung yang diproduksi dengan cara diukir dan mengandalkan sentuhan seni berkualitas, buatan perajin Wuryanto (40), warga Desa Demit Kecamatan Jatirogo, Kabupaten Tuban, kini banyak pesanan.

Sangkar Burung dari Demit Jatirogo

Desa Demit, Kecamatan Jatirogo, Kabupaten Tuban, merupakan salah satu sentra pembuatan sangkar burung. Kerajinan industri rumahan ini, pemasarannya tak hanya menjangkau Jatirogo saja, namun sudah sampai beberapa daerah di luar Jatirogo, khususnya di Jawa Timur dan Jawa tengah.

Kilang Minyak Rosneft Terganjal Masalah TKD

Pembuatan kilang minyak Rosneft di Tuban terganjal masalah Tanah Kas Desa (TKD). Diketahui Rosneft merupakan salah satu perusahaan minyak rusia yang telah menjajaki kerja sama dengan pemerintah Indonesia, Rosneft akan membuat kilang minyak di atas lahan kurang lebih 340 hektare di Kecamatan Jenu, meliputi desa Wadung dan Desa Mentoso.

Harga Cabai Merah Keriting Melejit

Harga cabai merah keriting di pasaran, sejauh ini terpantau melejit tinggi. Pasalnya, satu kilogram cabai merak keriting saat ini mencapai Rp30.000.

Peternakan Mulai Siapkan Kambing untuk Qurban

Hari Raya Idul Adha memang masih beberapa bulan lagi, namun bagi para peternak, saat ini merupakan waktu yang tepat untuk mempersiapkan hewan ternaknya guna dijual saat hari raya idul adha yang akan datang.

Sukses Produksi Marning, Kembangkan Produksi Keripik

Di kota kecil Jatirogo, sekitar 60 km dari Kabupaten Tuban, Jawa Timur tumbuh subur komoditas pertanian utamanya padi dan jagung. Keadaan tersebut turut mendukung tumbuhnya aktivitas perekonomian kreatif di wilayah Jatirogo, tepatnya di Desa Sadang. Terbukti, adanya beberapa produsen marning jagung di wilayah tersebut.

Dari 2 Kambing, 11 Tahun Menjadi 200

Menjadi seorang peternak haruslah mempunyai keuletan dan kesabaran yang tinggi, hal tersebut merupakan kunci untuk menuai hasil yang sesuai dengan harapan.