Skip to main content

Category : Ekonomi & Migas


Polemik Kompensasi Warga Rahayu

Pemdes Rahayu Tunggu Keputusan SKK Migas

Pemerintah Desa Rahayu, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban menunggu keputusan pihak SKK Migas terkait tuntutan wara atas pembayaran lunas kompensasi selama tahun 2016. Pemdes Rahayu dalam hal ini menolak pembayaran kompensasi selama dua bulan atau dalam kata lain tali asih tersebut.

Refleksi Hari Tani: Petani Tembakau Masih Menderita

Hujan deras yang mengguyur sebagian besar wilayah Tuban selama musim kemarau, membuat sejumlah tanaman tembakau tumbuh tidak normal. Kebanyakan tanaman tembakau milik petani juga mati, sebab terlalu banyak air. Hampir semua tanaman tembakau yang baru ditanam tidak dapat diselamatkan.  

Warga Maindu Kembangkan Tanaman Jeruk Buah

Selain mengembangkan tanaman Sukun dan Buah Pisang, warga Desa Maindu, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban juga mengembangkan tanaman Jeruk Buah.

Usaha Pengolahan Tembakau di Grabagan, Genjot Produksi

 Akhir-akhir ini, usaha pengolahan tembakau di Desa Grabagan, Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban terus menggenjot produksinya. Hal itu dikarenakan para petani di kawasan tersebut sebegian besar telah melakukan pemanenan sehingga pasokan tembakau melimpah.

Rig Sudah di Lokasi, Progres ABP Terus Digenjot

Progres pengerjaan lokasi untuk rencana drilling eksplorasi Sumur Albatros Putih 001 (ABP) di Desa Jamprong, Kecamatan Kenduruan, Kabupaten Tuban Jawa Timur, terus berlangsung. Saat ini PT Pertamina EP Asset IV Field Cepu memulai Cut and fill atau gali dan urug. Kegiatan ini merupakan proses pengerjaan tanah dimana sejumlah massa tanah digali untuk kemudian ditimbun di tempat lain.

Hasil Panen Sukun di Desa Maindu Melimpah

Ribuan pohon sukun yang tumbuh di Desa Maindu, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban telah dirasakan manfaatnya oleh warga desa setempat. Selain untuk melindungi sumber mata air, warga juga memanfaatkanya untuk dijadikan penghasilan tambahan.

Panen Raya, Harga Ubi di Jatirogo Anjlok

Panen ubi jalar di kalangan petani Jatirogo, Tuban, Jawa Timur cukup pahit dirasakan. Seharusnya petani merasakan manisnya hasil dari tanaman pala pendem tersebut. Namun keadaan bebeda 180 derajat, pasalnya harga jual komoditas pertanian terbesar di Desa Jombok itu anjlok.

Sumur TPN 02 Kering, Penjual Mamin Resah

Setelah dinyatakan Sumur Tapen (TPN) 02 di Desa Sidoharjo, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban, Jawa Timur kering, para pedangang makanan dan minuman (mamin) di sekitar lokasi resah.

Produsen Gaplek Keluhkan Harga yang Anjlok

Harga gaplek yang terus mengalami penurunan, membuat sebagian warga produsen gaplek di kawasan Kecamatan Karek, Kabupaten Tuban mengeluh. Pasalnya akhir-akhir ini mereka telah melakukan panen singkong untuk dibuat gaplek namun saat panen singkong tiba justru harga gaplek menyusut terus.